Mulai Sekarang Rajin Sajikan Singkong Di Meja Makan Agar Keluarga Bisa Rasakan Khasiat Luar Biasa Ini

Mulai Sekarang Rajin Sajikan Singkong
Mulai Sekarang Rajin Sajikan Singkong

banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.idOrang Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan singkong bukan?

Ya, singkong memang dikenal bisa jadi pengganti nasi.

Bacaan Lainnya

Sebab singkong diketahui tinggi akan kandungan karbohidrat.

Nah, selain bisa jadi pengganti nasi, singkong juga bisa jadi camilan enak loh.

Mulai dari keripik singkong atau bahkan dibuat singkong goreng.

Singkong juga dikenal punya harga yang murah.

Maka itu banyak orang yang suka makan singkong.

Nah, di balik itu semua ternyata rajin makan singkong bisa bikin tubuh rasakan khasiat luar biasa ini loh.

Penasarankan? Yuk simak artikel berikut ini.

Walau murah meriah, singkong ternyata punya banyak manfaat kesehatan, loh.

Berikut berbagai manfaat singkong untuk kesehatan:

1. Menurunkan risiko sindrom metabolik

Sindrom metabolik merupakan sekumpulan gejala yang menunjukkan tingginya risiko diabetes dan penyakit jantung.

Sindrom metabolik biasanya ditandai dengan peningkatan kadar gula darah, kadar kolesterol, dan lingkar pinggang, di antara faktor-faktor lainnya.

Singkong kaya akan flavonoid dan serat yang melindungi diri dari perkembangan sindrom metabolik dan komplikasinya.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Singkong kaya vitamin C, yakni sekitar 42,4 miligram per cangkir.

Jumlah tersebut telah memenushi sekitar 50 persen kebutuhan harian vitamin C bagi orang dewasa.

Vitamin C adalah prekursor penting untuk kolagen, yang merupakan komponen struktural dalam jaringan kulit.

Asupan vitamin C yang cukup juga membantu sel tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri sehingga luka cepat sembuh.

3. Mengurangi tekanan darah

Kalium dapat menurunkan tingkat tekanan darah dan dapat membantu menyeimbangkan asupan natrium yang meningkatkan tekanan darah.

Sementara itu, singkong mengandung kalium yang sangat tinggi.

Secangkir singkong mengandung sekitar 558 miligram kalium, menyediakan 16 persen hingga 21 persen dari rekomendasi harian.

4. Membantu mengontrol berat badan

Meskipun tinggi kalori, singkong juga kaya akan serat dan pati resisten yang meningkatkan kesehatan bakteri usus.

Penelitian menunjukkan bahwa serat dari umbi-umbian mengurangi keinginan akan konsumsi makanan asin, manis, dan tinggi lemak.

Serat dalam singkong juga berdampak positif pada mikrobioma usus, meningkatkan rasa kenyang.

Manfaat Kulit Singkong

Dikutip dari Nakita.Id, singkong memiliki kandungan nutrisi penting seperti kalsium, vitamin C, protein, karoten, dan lisin.

Kandungan ini sangat bagus untuk dikonsumsi baik dengan cara dimakan atau digunakan sebagai bahan alami untuk masker wajah dan kulit.

Namun kebanyakan orang akan membuang kulit tanaman singkong begitu saja.

Padahal, kulit singkong dapat digunakan sebagai exfoliator kulit alami.

Anda dapat memisahkan kulit singkong dari bagian luarnya yang kecoklatan dan biasanya ditempeli banyak tanah.

Caranya yaitu dengan cuci bersih lalu tumbuk hingga menyisakan sedikit tekstur kasar, namun ingat untuk tidak mencampurkan terlalu banyak air ke dalamnya.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakannya sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati dengan menggosokkannya secara lembut ke wajah selama beberapa menit kemudian basuh dengan air dingin.

Lakukan hal ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah dan halus.

 

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.