Anda Mempunyai Masalah Lambung ? Yuk Segera Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini

Anda Mempunyai Masalah Lambung?
Anda Mempunyai Masalah Lambung?
banner 800x800

banner 800x800



Hajinews.idPenyakit lambung memang cukup mengganggu produktivitas harian. Saat sakit lambung tubuh jadi lemas hingga kehilangan semangat guna melakukan aktivitas.

Pengaturan makan yang baik merupakan salah satu kunci untuk terhindar dari gangguan lambung. Sakit maag merupakan gangguan lambung yang cukup umum dialami masyarakat.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Diungkapkan oleh Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Ari Fahrial Syam bahwa sakit maag atau dispepsia biasanya ditandai dengan munculnya rasa tidak nyaman atau sakit di sekitar ulu hati. Rasa sakit tersebut bisa disertai dengan mual, kembung, cepat kenyang, dan kurang nafsu makan.

Namun, perlu waspada pada tanda alarm yang dialami, seperti kasus sakit maag yang pertama kali muncul pada umur di atas 45 tahun seperti berat badan turun, pucat, terjadi pendarahan pada saluran pencernaan yang ditandai dengan muntah darah atau berak kehitaman, serta muntah terus-menerus. Kondisi ini, menurut Ari, bisa menjadi tanda dari kanker lambung.

Pada kasus tertentu, sakit maag yang sudah disertai dengan dada panas dengan mulut yang terasa pahit juga bisa menjadi tanda dari adanya gastroesophageal reflux disease (GERD). Untuk orang yang memiliki gangguan lambung, sebaiknya hindari makanan atau minuman yang dapat melemahkan klep pada kerongkongan bawah. Berikut ini makanan yang harus dihindari.

Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang tidak sehat dan tidak baik bagi tubuh. Termasuk bagi orang yang mengalami sakit lambung alkohol akan sangat berbahaya jika dikonsumsi.

Cokelat

Meski banyak yang menyukai makanan ini, namun coklat akan berbahaya jika dikonsumsi orang dengan penyakit lambung. Coklat mengandung hal yang dapat memicu klep pada kerongkongan makin lemah.

Keju

Rasa asam pada keju akan memicu asam lambung. Keju menjadi makanan berbahaya dikonsumsi bagi seseorang yang punya penyakit lambung seperti maag.

Gorengan dan makanan tinggi lemak

Gorengan dan makanan tinggi lemak akan membuat tumpukan kotoran pada bagian lambung. Sehingga saat mengkonsumsi kedua makanan itu lambung akan berkontraksi sehingga menyebabkan sakit.

Beberapa sumber karbohidrat

Sumber karbohidrat utama juga berbahaya bagi lambung. Sumber karbohidrat seperti beras ketan, mi, bihun, ubi, talas, dan dodol jika konsumsi rawan menyebabkan sembelit.

Hindari daftar makanan itu saat Anda mengalami masalah penyakit lambung. Sebaiknya Anda mencegah daripada mengobati. [jatim]

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *