Belajarlah Kata Mutiara Hikmah !

Belajarlah Kata Mutiara Hikmah !
KH Luthfi Bashori
banner 800x800

banner 800x800



Oleh: KH Luthfi Bashori

Rasulullah SAW bersabda: “Hikmah (mutiara kata) itu adalah sesuatu yang selalu dicari oleh orang mukmin. (HR. Imam Al-Qudha’i).

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Hajinews.id – Dalam riwayat lain ditambahkan bahwa dimana pun seorang mukmin itu menemukan hikmah, maka dialah yang paling berhak untuk mendapatkannya. Tentunya dengan syarat bahwa hikmah yang dimaksud itu tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Dalam hadits lain disebutkan: “Ambillah hikmah yang tidak membahayakanmu dari mana saja ia berasal.”

Jadi semakin jelas, bahwa yang dimaksud dengan hikmah disini ialah kata-kata bijak. Karena hikmah itu dapat memotivasi kehidupan setiap orang, maka ia merupakan sesuatu yang selalu dicari oleh orang-orang mukmin.

Rasulullah SAW juga bersabda: “Hikmah itu dapat menambah kemuliaan kepada orang yang mulia, dan dapat mengangkat derajat seorang hamba sahaya sehingga mendudukkannya sejajar dengan raja-raja.” (HR. Imam Ibnu ‘Addi melalui Sayyidina Anas RA)

Banyak terjadi seorang hamba sahaya, karena pandai menyampaikan kata-kata mutiara yang bijak, dia pun dapat duduk sejajar dengan para raja dan penguasa. Terlebih jika dia rajin menasehati masyarakat termasuk para pembesarnya, agar tidak melenceng dari aturan syariat.

Jika sebelumnya sang ahli hikmah itu berasal dari kalangan keluarga terhormat, maka kedudukannya pun akan semakin mulia berkat untaian mutiara kata yang kerap disampaikan.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *