Arab Saudi Larang Ambil Foto serta Video di Masjidil Haram dan Nabawi

Arab Saudi Larang Ambil Foto serta Video di Masjidil Haram dan Nabawi
Arab Saudi Larang Ambil Foto serta Video di Masjidil Haram dan Nabawi
banner 800x800

banner 800x800



Jakarta, Hajinews.id – Pemerintah Arab Saudi kini telah resmi melarang selfie, fotografi, dan videografi di Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Menurut laporan resmi seperti dikutip hajinews.id dari Thesaudiexpat, Rabu, 24 November 2021, mengambil gambar di dalam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi atau di sekitar tempat-tempat suci ini akan dianggap sebagai sebuah pelanggaran.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Jika ada jemaah yang ketahuan melanggar aturan tersebut, pemerintah Arab Saudi akan memberikan denda yang tidak sedikit.

“Tidak seorang pun akan diizinkan untuk mengambil foto atau video,” tulis laporan resmi pemerintah Arab Saudi tersebut.

Selain itu, agar aturan tersebut bisa diterapkan, maka aparat keamanan Arab Saudi akan memastikan bahwa tidak akan ada yang melanggar hukum lagi.

Mereka yang ketahuan mengambil gambar atu video dengan menggunakan ponsel atau kamera maka aparat keamanan akan segera menangkapnya.

Pemerintah Arab Saudi pun menjelaskan alasan di balik melarang jemaah mengambil foto atau video di masjidil haram atau masjid nabawi.

Menurutnya, aturan tersebut dibuat untuk menjamin kehormatan dan martabat tempat-tempat suci tersebut.

“Sebagian besar peziarah membuang waktu mereka untuk mengambil gambar dan video kemudian berdoa,” katanya.

Hal itu, lanjutnya, selain tidak menghormati tempat suci, tetapi juga akan mengganggu orang-orang yang datang untuk berdoa.

Keputusan serupa juga diambil pada tahun 2017 ketika seorang Israel memasuki Masjidil Haram dan mengambil foto dan mengunggahnya di Facebook, yang menciptakan kekacauan.***

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *