Mulai Sekarang Stop Sarapan Pakai Bubur dan Ganti Ke Menu Sehat Ini Kalau Tak Ingin Dampak Buruk Menimpa Tubuh

Mulai Sekarang Stop Sarapan Pakai Bubur
Mulai Sekarang Stop Sarapan Pakai Bubur
banner 800x800

banner 800x800



Hajinews.id – Sarapan memang menjadi salah satu hal yang tak boleh dilewatkan.

Sebab, tubuh akan mendapatkan energi untuk beraktivitas lewat makan pagi atau sarapan.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Jadi tak heran jika sejumlah orang memilih menu makan besar untuk sarapan.

Tak hanya itu, beberapa orang juga memilih sarapan dengan berbagai menu agar merasa lebih berenergi dan kenyang lebih lama.

Dan salah satu menu favorit kebanyakan orang adalah bubur.

Menyantap bubur di pagi hari memang mengenyangkan dan menenangkan perut.

Tapi, jika Anda suka sarapan dengan bubur sebaiknya stop dari sekarang.

Karena ternyata sarapan dengan bubur bisa datangkan dampak buruk ini untuk tubuh loh!

Dampak Buruk Sarapan dengan Bubur

Mengutip SajianSedap, saat sarapan memang banyak orang yang memilih makan bubur karena bubur memiliki tekstur yang mudah dicerna.

Namun, walau begitu ternyata bubur malah tak disarankan untuk menjadi pilihan sarapan kita.

Makan makanan yang berkarbohidrat memang ada kenikmatan namun tidak akan terserap oleh tubuh.

Itu mengakibatkan akan cepat hilang dan merasa lapar kembali pada waktu yang tidak lama.

Dr Roy Panusunan Sibarani, Sp PD-KEMD FES seorang Internist-Endocrinologist dari Sahid Sahirman Memorial Hospital pada kegiatan beberapa bulan lalu mengatakan bahwa contoh sarapan yang direkomendasi dihindari yakni bubur.

“Contohnya jangan sarapan bubur atau bakmi karena karbohidratnya banyak sehingga menyebabkan mudah lapar lagi sebelum jadwal makan siang,” kata Dr Roy Panusunan Sibarani, Sp PD-KEMD FES.

Idealnya, saat sarapan kebutuhan gizi mulai karbohidrat yang tidak terlalu dan protein dipenuhi.

Tapi sebenarnya makan pagi memang tergantung karakter masing-masing orang.

“Kalau saya pribadi, sarapan cukup telur yang banyak proteinnya dan jus,” katanya.

“Intinya, sebut dia kalau mengonsumsi sarapan usahakan yang tidak bikin kembali cepat lapar. Jadi karbohidrat dan protein jadi prioritas,” katanya.

Ia menegaskan jangan pernah melewatkan makan pagi.

Jika tidak sarapan, malamnya akan mengonsumsi makanan jumlah luar biasa sehingga berpotensi obesitas.

Lalu sarapan apa yang baik di pagi hari?

Buah-Buah Membuat Sarapan Menjadi Sehat

Beberapa makanan bisa menjadi menu sarapan, seperti sereal, oatmeal, roti, telur, sampai buah-buahan.

Ya, buah-buahan merupakan satu menu yang membuat sarapan menjadi sehat.

Di dalam buah-buahan terkandung berbagai vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Misalnya, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah dapat membantu mencegah penyakit tertentu.

Kandungan kalium dalam buah dapat membantu menyehatkan otot dan lainnya.

Buah juga mengandung banyak serat yang dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Berikut ini merupakan buah-buahan yang bisa Anda konsumsi saat sarapan.

1. Pisang

Makan pisang di pagi hari merupakan ide yang bagus.

Pisang mengandung karbohidrat dan juga serat yang dapat membuatmu kenyang lebih lama.

Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga baik untuk penderita hipertensi.

2. Semangka

Semangka mengandung banyak air, sehingga mampu menghidrasi tubuh dengan baik.

Semangka bisa menjadi buah yang baik dimakan pada pagi hari.

Kandungan likopen dalam buah semangka juga berperan penting pada penglihatan, kesehatan jantung, dan pencegahan kanker.

Perlu diketahui, likopen dapat ditemukan dalam buah atau sayuran yang berwarna merah.

3. Buah berry

Buah-buahan berry, seperti blueberry, strawberry, dan raspberry merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan dalam buah berry (terutama strawberry dan blueberry) tersedia dalam bentuk antosianin yang dapat melindungi jantung Anda.

Buah berry juga terbukti dapat mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah teroksidasi, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Buah-buahan ini juga memiliki banyak serat (sekitar 8 gram serat per 100 gram buah berry), tetapi mengandung kalori yang rendah (sekitar 80 kalori per 100 gram buah berry).

Sehingga Anda tidak perlu khawatir ia akan meningkatkan berat badan jika dimakan dalam jumlah banyak.

Kandungan serat yang banyak dalam buah berry juga dapat membuatmu kenyang lebih lama.

4. Kiwi

Kiwi mungkin memiliki rasa yang sedikit masam, tetapi memiliki kandungan nutrisi yang kaya.

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sekitar 65 mg per buahnya.

Selain itu, kiwi juga mengandung mineral kalium dan tembaga yang tinggi.

Kandungan kalium yang tinggi membuat kiwi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi bagi Anda penderita hipertensi.

Kiwi juga mengandung banyak serat, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan buah pisang. Hal ini menjadikan kiwi sebagai buah yang baik untuk pencernaan. [gr]

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *