Inilah 7 Khasiat Anggur Merah untuk Kesehatan, Menurunkan Tekanan Darah hingga Mencegah Kanker

Khasiat Anggur Merah untuk Kesehatan
Khasiat Anggur Merah untuk Kesehatan

banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews.idAnggur merupakan komoditas yang memberikan nilai tambah. Artinya, anggur bisa dikonsumsi sebagai buah segar, jus anggur, minuman (wine), kismis dan lain-lain.

Anggur merupakan tanaman yang tumbuh memanjat, yang mempunyai keistimewaan yaitu ranting-rantingnya dapat mengeluarkan buah yang lebat. Anggur dapat tumbuh dan dibudidayakan di daerah dingin, subtropis, maupun tropis.

Bacaan Lainnya

Tanaman anggur sendiri pertama kali tumbuh di dataran Eropa, Amerika Utara, Islandia, daerah dingin yang dekat Kutub Utara, Greenland dan menyebar ke Asia termasuk Indonesia.

Salah satu anggur yang dikenal masyarakat Indonesia adalah anggur merah. Selain enak dan segar, anggur merah memiliki nilai gizi yang baik karena diperkaya vitamin, mineral, karbohidrat, hingga senyawa fitokimia.

Tak heran jika kemudian banyak orang yang menjadikan buah anggur merah menjadi salah satu makanan sehat yang penting dikonsumsi setiap hari.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai 7 khasiat anggur merah untuk kesehatan, menurunkan tekanan darah hingga cegah kanker telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Selasa, (26/10/2021).

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat anggur merah untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa studi yang pernah dilakukan oleh para ahli menunjukkan kalau buah-buahan seperti anggur ini kaya akan flavonoid.

Kandungan flavonoid ini dipercaya berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya untuk menurunkan, kandungan ini juga dapat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah.

Selain itu, buah anggur juga tinggi akan kandungan kalium yang membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa dikurangi.

2. Menyehatkan Jantung

Khasiat anggur merah untuk kesehatan berikutnya adalah baik untuk jantung. Mengingat anggur memiliki kandungan polifenol yang diyakini sangat ampuh mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, dan menunjang endotel.

Selain itu, anggur juga mengandung flavonoid yang dinamakan rutin. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk memperlambat laju darah yang mengalami pembekuan dengan menghambatnya, sehingga mampu mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

Nutrisi yang terdapat dalam buah anggur juga dipercaya bisa melindungi tubuh, khususnya jantung yang mengalami kerusakan akibat kolesterol jahat atau LDL.

Menjaga Kesehatan Otak, Mata hingga Melawan Kanker

3. Menjaga Kesehatan Otak

Khasiat anggur merah juga bisa dirasakan oleh otak kamu. Resveratrol dalam buah anggur merah dipercaya mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa revestratrol bisa membantu memperkuat daya ingat. Penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya akan antioksidan bisa membantu mengurangi stres oksidatif sehingga memperlambat penuaan, meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik, serta mengatasi gangguan saraf otak, misalnya pada penyakit Alzheimer.

Selain itu, pada penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa anggur sebagai salah satu buah yang bisa membantu menyegarkan pikiran. Vitamin dan rasa segar pada buah anggur bahkan bisa membuat otak semakin cerdas, kemampuan mengingat semakin baik, dan bikin bahagia.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Buah anggur merah terkenal mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata. Kedua antioksidan ini dapat membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget dan membantu melindungi sel-sel mata kamu.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, buah anggur yang dikonsumsi secara teratur bisa membantu mencegah terjadinya gangguan pada retina mata, misalnya degenerasi makula. Mengonsumsi ekstrak biji anggur juga dapat membantu mengurangi stres pada mata akibat melihat sinar yang terlalu terang.

5. Mencegah dan Melawan Kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Menurut para ahli, kandungan ini sangat baik dalam mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh.

Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi anggur secara rutin adalah kanker paru-paru esophagus, kanker mulut, kanker faring, kanker rahim, kanker usus besar, kanker pancreas, hingga kanker prostat.

Pada penelitian di National Cancer Institute menemukan bahwa ekstrak pada kulit anggur merah mengandung polifenol yang sangat ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Bantu Turunkan Berat Badan dan Baik untuk Kesehatan Kulit

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam buah anggur merah terdapat sebuah senyawa antioksidan flavonoid yang selama ini diteliti mampu untuk menangani masalah berat badan. Mengonsumsi satu cup atau sekitar 125 gram buah anggur setara dengan 100 kalori.

Sehingga buah anggur bisa menjadi camilan yang menyehatkan bagi kamu yang ingin memiliki berat badan yang ideal. Manfaat buah anggur merah ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang sedang menerapkan program diet.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya dapat menurunkan berat badan, anggur merah juga dipercaya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini tak lain karena kandungan air yang sangat tinggi pada buah anggur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah anggur yang dikemas dengan senyawa fitonutrien ini ampuh dalam melindungi sel kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet. [merdeka]

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar