Kenali 7 Tanda Penyakit Jantung tanpa Alat

Ilustrasi (Pixabay)
banner 800x800

banner 800x800



 

Jakarta, Hajinews.id  – Penyakit jantung dapat dikatakan sebagai salah satu penyakit mematikan, dan banyak dialami oleh sebagian besar orang yang sudah usia senja.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Biasanya, orang-orang tidak menyadari perubahan pada tubuhnya yang mengindikasikan penyakit jantung. Sehingga ketika memeriksakan diri ke dokter kondisinya sudah agak parah.

Menurut dr. Vito Damay sebenarnya diri kita sendiri bisa mengidentifikasi lewat beberapa bagian tubuh apakah ada gejala yang menunjukkan.

Selengkapnya, inilah 7 tanda penyakit jantung yang bisa dikenali tanpa alat seperti dilansir dari video yang diunggah oleh kanal YouTube DRV CHANNEL pada 20 September 2021.

1. Mata

Menurut dr. Vito Damay orang yang punya kolesterol tinggi, kadang akan muncul penebalan kekuningan di area kelopak matanya, hal ini disebut dengan xanthelasma.

Kolesterol inilah yang membuat pembuluh darah menjadi sempit karena ada plak di dalamnya, yang di kemudian hari bisa menyebabkan serangan jantung.

2. Kuku

“Kuku seseorang yang punya penyakit jantung biasanya ada gambaran seperti dia timbul jadi lebih besar dan kelihatannya ketika kita satukan seperti ini ada celahnya,” kata dr. Vito Damay.

3. Kaki yang membengkak

“Kaki bengkak adalah salah satu tanda orang yang jantungnya bengkak juga, karena jantungnya kelebihan kapasitas sehingga pembuluh darah di kaki itu kelebihan kapasitas juga,” terang dr. Vito Damay.

4. Ujung jari kaki

Menurut dr. Vito Damay jika terlihat ujung-ujung jari kaki mulai pucat atau kebiruan, atau bahkan berwarna kehitaman maka ini bisa jadi indikasi adanya pembekuan darah.

Pembekuan darah ini akan mengakibatkan bagian tersebut susah digerakkan. Jika ini terjadi maka ada indikasi pula terkena penyakit jantung.

5. Pembuluh darah yang terlihat di leher

“Nah ini nggak pada semua orang, tapi kalau kita lihat ketika orang tersebut mungkin duduk atau ketika kita periksa tampak denyutan nadi yang tinggi,” kata dr. Vito Damay.

“Jadi pembuluh darahnya tuh kelihatan, nah ini menyebabkan kita curiga bahwa ada gangguan lemah jantung misalnya,” ujarnya menjelaskan.

6. Denyut jantung bergeser ke samping kiri

Menurut dr. Vito Damay jika denyut jantung yang bergeser ke arah kiri lebih kuat, maka bisa jadi ada pembesaran atau pembengkakan pada jantung.

7. Bagian tulang kering

“Ketika kita pencet tuh bagian tulang kering biasanya dia susah balik, jadi ada bekasnya kalau kita pencet pakai jari kita,” kata dr. Vito Damay.

“Nah ini adalah tanda orang-orang yang punya kelemahan fungsi jantung atau jantung bengkak,” ujarnya menerangkan.

Itulah cara mengenali 7 tanda penyakit jantung tanpa menggunakan alat yang dijelaskan oleh dr. Vito Damay spesialis jantung dan pembuluh darah. ***

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *