Hindari 5 Kesalahan Mendidik Anak yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan!

banner 800x800

banner 800x800



 

Hajinews.id – Sifat dan karakter anak pertama kali dipengaruhi oleh lingkungan terdekatnya, terutama keluarga dan orangtua.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Oleh karena itu, peran orangtua sangatlah penting, apalagi saat anak berusia nol sampai lima tahun atau yang biasa disebut sebagai golden age.

Pada usia tersebut, perkembangan anak sangat baik, untuk fisik maupun otak.

Namun sayangnya, seringkali orangtua tidak menyadari bahwa caranya dalam mendidik anak merupakan cara yang kurang baik bagi tumbuh kembang si kecil.

Maka dari itu, orangtua harus sangat detail dalam memperhatikan setiap tingkah laku anak, serta tidak lupa untuk mengintropeksi diri dari cara kamu sebagai orang tua dalam mendidik anak.

Yuk simak kesalahan-kesalahan dalam mendidik anak selengkapnya di bawah ini!

1. Mendidik Anak Dengan Kasar

Meskipun sebagian besar orangtua tahu bahwa melakukan kekerasan pada anak merupakan hal yang salah, tapi masih banyak orangtua yang melakukan hal tersebut. Perlu kamu ketahui bahwa memukul tidak akan memperbaiki masalah apalagi memperbaiki tingkah laku anak, justru yang akan terjadi adalah sebaliknya.

Mendidik anak dengan cara kasar akan menimbulkan rasa trauma pada anak dan berdampak jangka panjang. Selain memukul anak, memarahi anak dengan kata-kata kasar juga termasuk dalam hal yang tidak boleh orangtua lakukan saat mendidik anak.

Cobalah memberi pemahaman pada anak saat ia berbuat salah, beri tahu secara baik-baik dengan bahasa yang mudah dipahami agar anak mengerti dan menyesali perbuatannya.

2. Bermain Gadget dan Tidak Memperhatikan Anak

Setiap orangtua memang punya kesibukan masing-masing, tapi tidak baik rasanya jika kamu selalu memegang ponsel, chatting, atau telefon ketika anak sedang berada di sekitar kamu.

Pada usia nol sampai lima tahun, anak sangat membutuhkan perhatianmu. Hal tersebut dikarenakan di usia tersebut anak mulai belajar berbicara, berjalan, hingga membaca. Cobalah nikmati waktu saat bersama anak, kamu juga bisa mengajak anak bermain agar lebih tahu perkembangannya.

3. Memberi Gadget Untuk Anak Agar Tidak Rewel

Menenangkan anak saat sedang rewel atau tantrum memang bukanlah hal yang mudah. Tetapi jika kamu memberikan gadget untuk menenangkannya, hal tersebut merupakan cara yang salah.

Terlalu banyak bermain dengan gadget memberikan dampak pada anak menjadi kurang fokus saat diajak bicara dan berinteraksi dengan orang lain. Usahakan untuk tidak sering dan selalu memberikan gadget ketika anak sedang rewel.

4. Selalu Memberi Pujian Pada Anak

Memberikan apresiasi pada anak dengan bentuk pujian memang baik. Tetapi, jika terlalu sering dilakukan secara berlebihan, hal tersebut tidak baik untuk perkembangan anak.

Perlakuan memuji akan salah ketika anak dipuji tanpa alasan, padahal ia tidak melakukan hal apapun.

Ketika orang tua melakukan kebiasaan tersebut, anak akan kehilangan tujuannya, serta tidak tahu apa yang harus ia lakukan dan apa yang harus ia capai.

Setiap anak mempunyai kelebihannya masing-masing, jadi sangat wajar jika anak terus belajar.

5. Membanding-bandingkan Anak

Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, hindari membanding-bandingkan anak dengan anak lain.

Hal tersebut akan mempengaruhi rasa percaya dirinya. Berikan motivasi pada anak, sehingga psikologinya akan berkembang dengan baik.

Itulah kesalahan-kesalahan dalam mendidik anak. Biasakan untuk menghindari dan tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas demi perkembangan anak yang kamu sayangi.

Yuk Ajak anak mendengarkan dongeng untuk pertumbuhan tumbuh kembangnya. Setiap cerita yang ada di dalamnya dapat menjadi bekal bagi si kecil di masa depan. Dengarkan podcast Dongeng Pilihan Orangtua

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *