Keutamaan Rajin Membaca Al Quran, Salah Satunya Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Rajin Membaca Al Quran
Rajin Membaca Al Quran
banner 800x800

banner 800x800



Hajinews.id – Ini keutamaan jika rajin membaca Al Quran, Salah Satunya Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Ada banyak keutamaan rajin membaca Al Quran sehingga Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan umat Islam memperbanyak interaksi dengan Al Quran.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Caranya bagimana? Tentu dengan cara banyak membaca Al Quran, memahami artinya, lalu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Al Quran adalah kitab suci umat Islam, wahyu yang paling utama yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Al Quran berisi firman Allah SWT, memuat petunjuk perintah dan larangan agar kehidupan manusia menjai teratur, baik, dan kelak mendapatkan pahala surga, tempat yang dipenuhi dengan kenikmatan dan kebahagiaan abadi selamanya.

Dalam sebuah talk show Ngopi (Ngobrol Perkara Islam) di Masjid As Shidiq, Ujungberung, Kota Bandung, Ustadz Mamur, penyuluh agama Kementerian Agama Kota Bandung menjelaskan, Al Quran akan memuliakan siapa saja yang membacanya, tidak hanya di akhirat dalam bentuk syafaat, tapi juga di dunia.

Dicontohkan, suatu hari seroang remaja asal Garut, Jawa Barat, bernama Muhammad Ghifari Akbar, yang hidupnya penuh ujian, ditinggal ayah dan ibunya, merantau ke Bandung menjadi pemulung, hidupnya menjadi mulia karena dia tak pernah meninggalkan Al Quran.

Singkat cerita, foto Muhammad Ghifari Akbar sedang membaca Al Quran di Jalan Beraga Bandung viral di media sosial.

Almarhum Syeikh Ali Jaber yang melihat foto tersebut teharu. Seorang remaja di tengah hujan Kota Bandung membaca Al Quran.

Syekh Ali Jaber kemudian menelpon Muhammad Ghifari Akbar memberikan 3 hal yang mengubah hidup remaja Garut tersebut.

Pertama, mengangkat Muhammad Ghifari Akbar anak angkat, memberian pendidikan agama yang layak, dan mengajaknya berumrah ke Makkah Al Muharomah.

Lalu apa saja keutamaan membaca Al Quran?

1. Perniagaan atau berdagang yang tak pernah merugi

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak merugi.” (QS al-Fathir: 29).

2. Membaca Al Quran menjadi amal terbaik

Perbanyaklah membaca Al Quran karena itu amal yang terbaik. Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya.” ( HR Bukhari).

3. Mendapat derajat atau kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT.

Rasulullah bersabda: “Orang yang membaca Alquran dengan mahir akan bersama-sama malaikat yang mulia lagi taat (HR Bukhari dan Muslim).

4. Membaca Al Quran akan mendapat sebaik-baik anugrah dari Allah SWT

Rasulullah bersabda dalam hadis qudsi, Allah berfirman: “Barang siapa yang sibuk dengan Alquran dan zikir dari meminta-Ku, aku akan memberikan kepadanya sebaik-baik anugerah-Ku. Keutamaan kalamullah (Alquran) atas kalam-kalam selainnya seperti keutamaan Allah atas semua makhluk-Nya.” (HR Tirmidzi) [kaltim]

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *