Hikmah Siang : 5 Alasan Kenapa Doa Tak Kunjung Dikabulkan Allah SWT

banner 800x800

banner 800x800



 

Hajinews.id – Berdoa menjadi cara bagi manusia untuk memohon dan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Banyak orang yang berdoa dengan meminta kepada Sang Pencipta, seperti dilancarkan rezeki, memohon ampun, dna lain sebagainya.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Doa juga menjadi bentuk komunita antara seorang hamba kepada Sang Pencipta. Sebab dengan berdoa, manusia bisa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Allah SWT sangat mencintai hambanya yang berdoa. Bahkan, Allah SWT pula berjanji akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang memohon dan meminta kepada-Nya.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Mu’min ayat 60 yang artinya:

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Sebagai manusia tentu kita memiliki banyak permasalahan dan keinginan. Namun, Allah SWT lah yang lebih tahu apa yang kita inginkan sebelum kita sendiri mengucapkannya melalui doa. Dengan berdoa, Allah SWT akan menolong hamba-Nya yang meminta bantuan.

Dalam menjawab doa setiap hamba-Nya, Allah SWT memiliki tiga cara. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, ada suatu hadis yang menjelaskan hal tersebut.

“Tiada seorang berdoa kepada Allah dengan suatu doa, kecuali dikabulkan-Nya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR Ath-Thabrani)

Akan tetapi, ada kalanya kita merasa doa yang kita panjatkan tak kunjung dikabulkan. Entah itu memang tidak dikabulkan, namun pada dasarnya semua doa pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Sebenarnya, apa sih hal yang menyebabkan doa seorang hamba tak kunjung dikabulkan? Simak pernjelasannya berikut ini, yuk.

1. Berdoa untuk sesuatu yang tidak baik

Hal pertama yang menjadi penyebab kenapa doa seorang hamba tidak kunjung dikabulkan adalag mendoakan sesuatu yang tidak baik.

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah SAW bersabda;

“Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturahim dan tidak tergesa-gesa.” Seorang sahabat bertanya; ‘Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa? ‘Rasulullah Saw menjawab: ‘Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan; ‘Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan.’ Setelah itu, ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi.” (HR Muslim)

2. Tidak serius dan hati kosong

Berdoa dengan hati yang kososng sama saja kita tidak fokus terhadap apa yang kita ucapkan kepada Allah SWT. Seakan-akan, apa yang kita ucapkan jadi terasa bohong dan tidak artinya. Alhasil, kita jadi tidak sungguh-sungguh terhadap apa yang kita doakan.

“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (HR At-Tirmidzi)

Selain itu, hadis lain juga menjelaskan bahwa doa yang diucapkan dengan tidak sungguh-sungguh tidak dikabulkan Allah SWT.

“Janganlah salah seorang dari kalian mengatakan; ‘Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau kehendaki, dan rahmatilah aku jika Engkau berkehendak.’ Akan tetapi hendaknya ia bersungguh-sungguh dalam meminta, karena Allah sama sekali tidak ada yang memaksa.” (HR Bukhari)

3. Sombong

Allah SWT sangat tidak menyukai orang yang sombong. Bila doa-doa yang dipanjatkan dan terdengar nada kesombongan, Allah SWT tidak akan mengabulkan doa tersebut.

4. Meninggalkan amar ma’ruf nahi munkar

Sebagai manusia tentu kita bukanlah makhluk yang sempurna. Ada saatnya kita merasa lalai melakukan perbuatan baik yang sesuai diajarkan syariat Islam. Justru, hal itulah menjadi salah satu alasan kenapa doa tak kunjungi dikabulkan.

Dari Hudzaifah bin Al Yaman dari Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, hendaknya kalian beramar ma’ruf dan nahi munkar atau jika tidak niscaya Allah akan mengirimkan siksa-Nya dari sisi-Nya kepada kalian, kemudian kalian memohon kepada-Nya namun doa kalian tidak lagi dikabulkan.”’ (HR At-Tirmidzi)

5. Ditunda

Ketika kita meminta kepada Allah SWT, dan merasa apa yang kita minta belum juga dikabulkan, bisa saja Allah SWT sedang menundanya. Ada yang segera dikabulkan, ada juga yang lambat. Intinya, Allah SWT tahu apa yang terbaik untuk umat-Nya dan kapan doa itu akan Ia kabulkan.

Itulah beberapa alasan kenapa doa tak kunjung dikabulkan. Allah SWT Maha Mengetahui atas apa-apa yang hamba-Nya tidak ketahui. Jangan putus asa. Teruslah berdoa dan meminta pertolongan kepada-Nya.

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *