Gus Nadir: Inilah 5 Pilar Tokoh NU

5 Pilar Tokoh NU
Gus Nadir
banner 800x800

banner 800x800



Hajinews.id – Intelektual muda NU, Nadirsyah Hosen atau biasa dipanggil Gus Nadir menjelaskan ada 5 pilar tokoh yang khas dalam NU yang terus dipertahankan dari dulu hingga sekarang. Meski telah bergonta-ganti nama dan masa, namun karakter atau kekhasan tokoh NU yang menjadi pilar tersebut selalu ada.

Menurut Gus Nadir ada 5 tokoh pada awal berdirinya NU yang karakternya akan selalu ada dalam perkembangan NU. “Mari kita simak!” tulis Gus Nadir melalui akun Facebook priadinya dikutip Jumat (15/10/2021).

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Pertama, Syekhuna Cholil Bangkalan. Beliau adalah tokoh pertama. Peran beliau sebagai pemberi restu. “Beliau ini tokoh spiritual di belakang berdirinya NU,” jelasnya.

Kemudian yang kedua, ada Hadratus Syekh Hasyim Asyari. “Beliau disegani karena ilmu dan kewibawaannya. Peran beliau adalah pengetuk palu berkumpulnya jam’iyah dengan jam’ah,” sambungnya.

Selanjutnya tokoh yang ketiga adalah Mbah Wahab Chasbullah. Beliau adalah sang penggerak roda organisasi. Beliau disegani karena kedalaman ilmunya dan keluwesannya dalam bersikap

Keempat, ada nama Mbah Bisri Syansuri. “Beliau disegani karena kekukuhannya pada aturan fiqh. Beliaulah benteng tradisi keilmuan NU,” ujarnya.

Sementara yang terakhir yakni yang kelima adalah Kiai As’ad Situbondo. “Beliau simbol kepatuhan santri pada Kiai; pembawa pesan dan restu Syekhuna Cholil kepada Hadratus Syekh,” jelasnya.

Gus Nadir menjelaskan, di setiap masa kelima peran dan karakter para tokoh silih berganti akan selalu ada di NU. “Inilah 5 pilar kokoh yang terus dijaga,” jelasnya.

Maka tokoh NU akan terus berbagi beban dan peran menjalankan lahan pengabdian masing-masing demi kemaslahatan umat. Menurut Gus Nadir, selama kelima peran tersebut selalu ada, maka NU akan terus berjalan melanjutkan pengabdiannya pada agama, bangsa dan negara.

“Al fatihah,” pungkasnya. [hidayatuna]

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *