Hikmah Siang : Tiga Amalan Yang Paling Dicintai Allah SWT

Di Cintai Allah
Di Cintai Allah


Hajinews.id – Amalan-amalan sehari-hari ternyata memiliki keutamaan besar yang telah ditentukan oleh Allah dan Rasul-Nya. Ada 3 amalan paling utama yang dicintai oleh Allah SWT. Apa saja?

Hadits yang menjelaskan tentang 3 amalan yang paling dicintai Allah SWT disebutkan bahwa ada salah satu sahabat Nabi yang cerdas bertanya kepada Nabi Muhammad Saw. Tentang amalan yang paling di cintai oleh Allah swt, karena tentunya semua amalan kebaikan amal shaleh baik, akan tetapi sahabat Abdullah Ibnu Mas’ud bertanya dari sekian banyak amal kebaikan bertanya amal yang paling di cintai Allah swt.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

عن عبد الله بن مسعد رضى الله عنه قال: سالت نبي صلى الله عليه و سلم اى العمل احب الى الله ؟ قال: الصلا ة على و قتها قلت ثم اى؟ قال: بر الوالدىن، قلت ثم اى؟ قال: الجهاد فى سبىل الله.(رواه البخارى و مسلم)

Diceritakan dalam sebuah Hadits dari ‘Abdullah Ibnu Mas’ud Ra, dia bercerita: “Aku pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, ‘Amal apa yang paling dicintai Allah Ta’ala? Beliau Rasulullah Saw berkata : “Sholat pada waktunya”.Lalu apa lagi ? tanyaku. Beliau pun menjawab: “Berbakti kepada kedua orang tua”. Kemudian apa lagi?. tanyaku lebih lanjut. Maka beliau menjawab: “Jihad di Jalan Allah”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Berikut penjelasan tentang tiga amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT:

Sholat Tepat Waktu Sholat di awal waktu memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah mendatangkan kebaikan yang banyak. Allah swt berfirman dalam surat Al-‘Ankabut ayat 45 bahwa : “Sesungguhnya sholat dapat mencegah dari perbuatan Keji dan Munkar”.(QS: Al-‘Ankabut : 45). Kemudian disebutkan dalam kitab Fadhail ‘Amal karangan Syekh Maulana Ilyas Khandalawi Rahmatullah alaihi, bahwa keutamaan shalat berjamaah ditujukan bagi orang yang tidak ketinggalan takbiratul ihram/takbirotul ulaa bersama imam.

Dari Anas bin Malik Radiyallahu’anhu, Rosullullah saw bersabda :

“Barang siapa yang melaksanakan shalat karena Allah swt selama 40 hari secara berjama’ah, ia tidak luput dari takbirotul ihram bersama imam, maka ia akan dicatat terbebas dari dua hal yaitu terbebas dari siksa neraka dan terbebas dari sifat kemunafikan”.(HR.Tirmizi).

Berbakti kepada orangtua. Seorang anak memang tidak akan bisa melunasi jasa orang tua meski ia memiliki harta dan seluruh jiwa raganya. Tugas seorang anak adalah berbakti dengan memenuhi hak-hak mereka dengan ikhlas.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra’ Ayat 23 : ” Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Allah swt dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu sebaik-baiknya. Jika salah seorang keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”.(QS : Al-Isra’ : 23)

Berjihad di jalan Allah Swt. Hadits Abu Sa’id Al Khudri r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Siapa di antara kalian yang melihat suatu kemungkaran, maka hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka dengan lisannya. Apabila tidak mampu juga maka dengan hatinya dan itulah selemah-lemahnya iman.” (HR. Muslim).

Itulah tiga amalan yang paling dicintai Allah SWT. Semoga kita diberi kekuatan oleh sang pemilik alam semesta Allah swt untuk mengamalkan dan menyampaikan.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *