Raker dan Bimtek MTP IPHI Sulsel jadi Momentum Ciptakan Instruktur Manasik Haji Perempuan



Hajinews.id — Pengurus Wilayah MTP IPHI Sulawesi Selatan melaksanakan Rapat Kerja dan Bimbingan Teknis Manasik Haji Perempuan IPHI Sulawesi Selatan. Kegiatan dilangsungkan di Hotel Jolin jalan Pengayoman, Makassar, pada 2-3 Oktober 2021.

Sebanyak 30 orang hadir dalam raker yang disatukan dengan bimtek terdiri dari para pengurus MTP IPHI Kabupaten Kota se-Sulsel. Selain itu hadir pula tiga narasumber yang memberikan materi dalam acara tersebut, yakni Hj Helmi Suwarni Rahman sebagai pembina MTP IPHI Sulsel, H. Abubakar Paka, dan, H. Agung Wirawan.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Adapun kegiatan dimaksud dilaksanakan selain untuk merumuskan program MTP IPHI untuk masa bakti 5 tahun ke depan, tetapi mempersiapkan pemberi manasik haji perempuan di Sulawesi Selatan. Sebab, menurut Ketua IPHI Sulawesi Selatan Abubakar Wasahuwa, berdasarkan evaluasi, kemungkinan daerah lain juga mengalami kekurangan tenaga pemandu manasik haji perempuan.

Dengan demikian hal tersebut mendorong MTP IPHI Sulsel mengemas kegiatan selain melaksanakan Raker tetapi menggandeng dengan kegiatan Bimtek manasik haji.

Sementara itu acara dibuka oleh Ketua IPHI H. Abubakar Wasahuwa, dalam sambutnya ia menyampaikan, “rapat kerja dan bintek manasik haji perempuan ini dilaksanakan dengan harapan yang pertama agar MTP IPHI Sulawesi Selatan dapat merumuskan berbagai agenda program pokok untuk dapat dijadikan sebagai rujukan kerja selama 5 tahun ke depan, dan program-program dimaksud diharapkan merujuk pada empat bidang pokok MTP yang telah ditetapkan secara nasional dalam Muktamar IPHI yang ke-7 beberapa waktu yang lalu di Surabaya.”

Sedangkan menurut Abubakar, empat program pokok itu adalah pertama program organisasi, bagaimana konsolidasi organisasi ini menjadi perhatian pengurus. Yang kedua di bidang sosial dan dakwah, ketiga di bidang pendidikan dan pelatihan, kemudian yang keempat di bidang pemberdayaan ekonomi perempuan.

“Berkaitan dengan manasik haji bahwa momentum Bimtek manasik haji yang digandeng dengan Raker ini adalah momentum untuk menghadirkan para pemandu manasik haji perempuan. Jadi mereka diharapkan dapat berfungsi pasca Bimtek ini untuk memberikan pelayanan manasik bagi calon anggota IP itu sendiri. Di daerahnya masing-masing,” paparnya saat dihubungi redaksi Hajinews.

Selain itu, Abubakar juga berharap, program ini dapat berkesinambungan. Ia menjelaskan bahwa nantinya akan ada angkatan-angkatan berikutnya khusus untuk Bimtek manasik haji perempuan akan sapu bersih, kabupaten kota yang lain yang belum mendapatkan kesempatan dan dilaksanakan secara bergelombang tidak hanya sekali ini saja, tetapi pada putaran-putaran berikutnya juga, sehingga target untuk menciptakan instruktur atau pemandu manasik haji perempuan di lingkup itu terlaksana dengan baik.(ingeu)

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *