Haji dan Umrah Dibuka 2022, Pedagang Bandung: Angin Segar bagi Kami



 

Jakarta,Hajinews.id – Rencana pemerintah untuk membuka ibadah haji dan umrah pada 2022 menjadi angin segar bagi padagang di Bandung. Mereka berharap rencana tersebut terealisasi sehingga penjualan perlengkapan dan oleh-oleh haji akan menggeliat.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Ketua Perhimpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B) Bandung, Iwan Suhermawan, mengatakan rencana Mentri Agama berkunjung ke Pemerintahan Saudi untuk memastikan kesiapan Ibadah Haji dan Umrah Indonesia Tahun 2022, memberi angin segar bagi pedagang atau pelaku usaha yang memproduksi dan menjual perlengkapan haji dan umrah.

“Ini tentunya angin segar dan menjadi harapan bagi para pedagang Pasar Baru Bandung. Karena ini akan berpengaruh khususnya bagi ratusan pedagang yang jualan oleh-oleh haji dan perlengkapan nya,” kata Iwan, Senin (4/10/2021).

Dia berharap, rencana kunjungan itu terealisasi dan menghasilkan keputusan konkret. Dimana kuota untuk jamahan haji dan umrah Indonesia akan kembali dibuka oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Meskipun ibadah haji menunggu tahun depan, tapi untuk ibadah umrah diharapkan bisa lebih cepat,” ujar Iwan.

Menurut dia, sebelum pandemi, penjualan perlengkapan dan oleh oleh haji umrah di Pasar Baru Bandung cukup tinggi. Permintaan biasanya terjadi dari musim haji besar hingga umrah bulanan.

“Haji besar bisa puluhan ribu jemaah yang berangkat belanja perlengkapan haji dan oleh-olehnya belanja ke Pasar Baru. Belum lagi puluhan ribu jemaah umroh tiap bulannya juga berbelanja ke Pasar Baru,” katanya.

Namum, sejak pandemi pembelian khusus oleh oleh haji dan umrah nyaris tak ada. Para peregangan pun tutup. Mereka mencari usaha lainnya untuk menyambung hidup.

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *