Muhadjir Effendy: Strategi Mengubah Pandemi Covid jadi Endemi Sudah Dimulai

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy /Instagram @muhadjir_effendy


Hajinews – Strategi pemerintah untuk mengubah Covid-19 dari pandemi menjadi endemi sudah dimulai.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, tidak banyak persiapan yang berubah saat ini untuk menjadikan Covid sebagai endemi.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Sebab kunci utamanya adalah peran serta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker.

“Sekarang sudah berproses, dari angka kasus sudah sangat menurun drastis, dan tingkat penurunan sudah di atas 90 persen dibanding puncak kasus pertengahan Juli, jadi sebetulnya sudah menuju ke arah endemi,” ujar Muhadjir saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Rabu 22 September 2021.

Muhadjir menjelaskan yang dimaksud endemi adalah ketika Covid-19 sudah tidak seganas sekarang dan menjadi sebuah penyakit yang sporadis dan bersifat musiman.

“Diharapkan kalau warga sudah patuh prokes dan setiap ada kasus segera dilacak dan diselesaikan tuntas, otomatis penyakitnya mencar-mencar sporadis, dan bersifat musiman, dan akan terjadi terus seperti flu, demam berdarah, malaria,” ungkapnya.

Perubahan menjadi endemi akan semakin terasa apabila suatu saat kasus Covid-19 hanya terjadi di beberapa daerah saja dan di daerah lainnya sudah nol kasus.

“Pemerintah sekarang berupaya keras untuk menangani di sektor hilir yaitu setiap ada kasus harus segera diselesaikan dengan tuntas, mulai dari tracing dan juga sudah mulai menghitung tes hanya epidemiolog,” pungkasnya.(dbs)

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *