Hikmah Pagi : 3 Keutamaan Surat An-Nasr yang Wajib Diketahui



 

 

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Hajinews.id – Surat An-Nasr menjadi surat ke-110 dalam Al-Quran yang terdiri dari 3 ayat yang turun di kota Mekkah. Tahukah anda apa saja keutamaan surat An-Nasr?

Surat An-Nasr merupakan surat yang turun sebagai wujud pertolongan Allah SWT kepada kaum muslimin. Surat ini turun bersamaan dengan peristiwa Fathu Mekkah atau Pembebasan kota Mekkah pada 10 Ramadhan 8 Hijriah.

Turunnya Surat An-Nasr ini memiliki dua penyebab utama. Pertama, sebagai kabar kemenangan atas Islam yang banyak orang yang memeluk agama Islam dan yang kedua adalah menjadi isyarat semakin dekatnya kematian Nabi Muhammad SAW.

Hal itu sebagaimana dilansir dalam hadist Nabi Muhammad SAW ketika meminta putrinya, Fatimah untuk mendekat setelah surat An-Nasr turun. Nabi Muhammad SAW memberitahukan bahwa kematiannya telah dekat. Rasulullah SAW bersabda, “Jangan menangis, karena sesungguhnya engkau adalah keluargaku yang paling awal menyusulku.” (HR. Ad Darimi dan Thabrani. Hadits hasan).

Idzaa jaa-a nashrulloohi wal fath.

Waro-aitan naasa yadkhuluuna fii diinillaahi afwaajaa.

Fasabbih bihamdi robbika wastaghfirhu innahuu kaana tawwaabaa

Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.” (QS An Nasr: 1-3)

Keutamaan Surat An-Nasr

1. Kabar kemenangan umat Islam

Surat An-Nasr turun sebagai kabar gembira terhadap pertolongan Allah SWT pada peristiwa Fathu Mekkah (Pembebasan kota Mekkah) dan juga banyak orang yang berbondong-bondong untuk memeluk agama Islam.

2. Menjadi bukti kebenaran Al-Quran

Surat An-Nasr turun sebagai bukti kebenaran Al-Quran sebagai mukjizat terbesar dan terjadinya peristiwa Fathu Mekkah dan banyaknya orang yang memeluk agama Islam.

3. Seperti membaca seperempat Al-Quran

Keutamaan yang lain dari Surat An-Nasr adalah barangsiapa yang membaca surat ini setiap hari maka seperti ia membaca seperempat Al-Quran.

Rasulullah SAW bersabda, “Surat Idza jaa nashrullahi wal fat-hu sama dengan seperempat Al-Qur’an.” (HR. Tirmidzi)

Demikian informasi singkat tentang keutamaan Surat An-Nasr yang perlu anda ketahui.

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *