Kunyit Efektif Mengontrol Dan Menurunkan Gula Darah Karena Mengandung Kurkumin

Kunyit Efektif Mengontrol Dan Menurunkan Gula Darah Karena Mengandung Kurkumin
Kunyit Efektif Mengontrol Dan Menurunkan Gula Darah Karena Mengandung Kurkumin


Hajinews.id –  Kunyit mengandung kurkumin yang menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan, salah satunya mengontrol dan menurunkan kadar gula darah.

Penderita diabetes harus segera mendapatkan perawatan. Bila tidak, penyakit diabetes akan semakin parah dan memicu munculnya komplikasi penyakit.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Penderita diabetes wajib menjaga kadar gula darah untuk mengendalikan komplikasi diabetes.

Menjalankan pola hidup sehat dan diet menjadi salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, penderita diabetes wajib selektif mengonsumsi makanan dan minuman agar kadar gula darah tidak melonjak secara cepat.

Mengutip dari NDTV.com, kunyit baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan kunyit bisa membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.

Kunyit dan diabetes

Kunyit, rempah-rempah yang populer tidak hanya di tanah air tapi juga sejumlah negara lainnya seperti India.

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak, kunyit juga kerap digunakan dalam pengobatan herbal.  Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menunjukkan kurkumin dalam kunyit bisa mengurangi kadar glukosa dalam darah serta mengendalikan komplikasi diabetes.

Ms. Pavithra N Raj, Chief Dietician mengatakan kunyit terdiri dari sejumlah komponen yakni kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi.

“Antioksidan bisa membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Komponen kurkumin dalam kunyit juga membantu mencegah pertumbuhan jaringan lemak,” kata Ms. Pavithra N Raj.

Penelitian pada hewan menunjukkan kurkumin bisa meningkatkan aktivitas dan kinerja sel pankreas yang disebut sel beta dengan memperbaiki dan meregenerasi bel bata ini.

Kunyit juga mengurangi pembentukan glukosa di hati, meningkatkan sensitivitas insulin.

Ahli gizi, Soumita Biswas menjelaskan kunyit mempengaruhi glikemia serta diabetes melitus. Kurkumin kunyit bisa meningkatkan resistensi insulin.

Menurut penelitian kurkumin dalam kunyit memberikan efek baik untuk komplikasi diabetes seperti gangguan hati, disfungsi adiposit, neuropati, nefropati, dan gangguan pankreas.

Aturan konsumsi kunyit untuk diabetes

Anda bisa mengonsumsi kunyit dengan mencapurkannya dalam menu masakan seperti kari. Opsi lainnya Anda bisa mengonsumsi kunyit segar secara langsung saat perut kosong.

Anda bebaiknya mengonsumsi kunyit tidak lebih dari 2000 mg per hari.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *