Persatuan Ulama Muslim Internasional Desak Taliban Membentuk Pemerintahan yang Adil

Persatuan Ulama Muslim Internasional (IUMS)/ AA


Hajinews — Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional (IUMS) yang berbasis di Qatar mendesak Taliban untuk membangun pemerintahan yang adil di Afghanistan. Pernyataan ini disampaikan Syeikh Ahmad al-Raysuni, dan Sekretaris Jenderal Ali al-Qaradagi setelah bertemu di kantor politik Taliban di ibukota Qatar, Doha.

Dikutip Anadolu Agency, selama pertemuan itu, Al-Qaradagi meminta Taliban untuk membentuk pemerintahan yang adil. Taliban mengambil alih Afghanistan pada pertengahan Agustus dan telah mengumumkan pemerintahan sementara yang beranggotakan 33 orang.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Taliban mengeklaim akan bersikap lebih moderat, dengan menjanjikan sejumlah hal yang berupa perubahan dari aturan-aturan pemerintahan mereka terdahulu. Di antaranya adalah dengan menghormati hak-hak perempuan, yang selama ini menjadi kekhawatiran secara luas para aktivis dan pejuang kemanusiaan.

“Kami akan menghormati hak-hak perempuan. Kebijakan kami adalah bahwa perempuan akan memiliki akses ke pendidikan dan pekerjaan, serta untuk memakai jilbab,” ujar juru bicara Taliban, Suhail Shaheen.

Selain itu, Taliban berusaha menampilkan wajah yang lebih moderat dengan mengatakan bahwa seluruh warga di Afghanistan akan dilindungi, baik harta benda dan kehormatan mereka. Kelompok ini berjanji untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai bagi negara.(dbs)

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *