Haji, Jihad yang Paling Indah bagi Muslimah

Ibadah haji (Foto: Kementerian Media Arab Saudi via AFP)


Jakarta, Hajinews.id –Ibadah haji menjadi ladang jihad seorang wanita muslim (Muslimah) dikerjakan di luar rumah. Karena selain haji banyak ketentuan syariat merekomendasikan wanita lebih baik diam di rumah sebagai jihad menjaga kehormatan dan harta benda milik suaminya.

“Haji sebuah perjalanan ibadah suci yang bahkan bisa disebut sebagai jihad bagi seorang muslimah,” kata Miftahuljannah dalam bukunya Haji dan Umrah Bagi Muslimah.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits. Rasulullah bersabda:

“Kalian kaum wanita memiliki jihad yang paling baik dan indah yaitu haji. Haji yang mabrur.”

Aisyah mengisahkan, “Sejak mendengar pernyataan Rasulullah SAW tersebut, aku tidak pernah meninggalkan Haji.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pada dasarnya setiap umat muslim di seluruh dunia menyadari betul kewajiban ibadah haji. Sehingga tak sedikit orang orang berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menunaikannya.

“Perjalanan ibadah haji merupakan ibadah yang tak hanya menguras fisik tetapi juga memerlukan kekuatan ekonomi yang kuat, juga hati yang bersih,” katanya.

Karena ibadah rukun Islam kelima ini merupakan serangkaian ibadah yang begitu suci dan mulia. Waktu pelaksanaan haji hanya dilakukan dalam satu waktu saja yakni pada bulan Dzulhijah.

“Jutaan umat muslim di seluruh dunia, berkumpul di satu tempat untuk bermunajat kepada Allah,” katanya.

Karena jumlah yang semakin membludak, pihak pemerintah Arab Saudi pun membatasi kuota kepada setiap negara termasuk Indonesia. Karenanya setiap umat muslim di Indonesia memerlukan kesabaran dan keikhlasan hati, tatkala ia tak mampu untuk melaksanakannya.

“Tak jarang pula banyak umat muslim akhirnya memutuskan untuk pergi Umroh kamu hanya karena begitu rindunya untuk segera memenuhi panggilan mulia tersebut,” katanya.

Meski begitu tetap saja, memerlukan berbagai macam persiapan untuk melaksanakan ibadah haji ataupun umrah. Mempersiapkan diri dengan membersihkan hati dengan lebih mendekatkan diri kepadanya, juga banyak mengumpulkan ilmu tentang tentangnya merupakan langkah yang utama.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *