Terus-terusan Konsumsi 5 Makanan Ini Ginjal Anda Bisa Rusak, Diantaranya Kentang dan Daging Olahan

Terus-terusan Konsumsi 5 Makanan Ini Ginjal Anda Bisa Rusak, Diantaranya Kentang dan Daging Olahan
Terus-terusan Konsumsi 5 Makanan Ini Ginjal Anda Bisa Rusak, Diantaranya Kentang dan Daging Olahan


banner 500x500

banner 800x800





Hajinews.id – Tak dapat dipungkiri bahwa ginjal termasuk salah satu organ penting dalam tubuh karena fungsi utamanya dalam sistem ekskresi.

Pasalnya, ginjal berperan dalam menyaring zat-zat sisa metabolisme dalam darah, terutama dari hati. Zat-zat beracun tersebut diolah menjadi cairan bernama urin.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Sayangnya, fungsi ginjal manusia bisa terganggu hingga mengalami kerusakan akibat berbagai persoalan dan ancaman penyakit berbahaya.

Penyakit ginjal termasuk salah satu masalah kesehatan serius. Salah satu penyebab gangguan kesehatan ini adalah olahan makanan tertentu.

Ada banyak makanan yang ternyata bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal. Dilansir dari situs PMJ News, inilah sederet makanan yang bisa memicu kerusakan ginjal jika dikonsumsi terus menerus.

1. Daging merah

Sebuah studi tahun 2017 yang terbit dalam “Journal of American Society of Nephrology”, menunjukkan konsumsi daging merah berlebih berkaitan dengan perkembangan penyakit ginjal tahap akhir (ESRD).

Jadi, jika Anda ingin membuat ginjal lebih sehat sebaiknya jangan makan lebih dari tiga porsi daging merah yang direkomendasikan per minggu.

2. Daging olahan

Tidak hanya daging merah, berbagai jenis makanan dari daging olahan ternyata juga menjadi pemicu penyakit kanker ginjal.

Berbagai jenis makanan dari daging olahan pemicu penyakit kronis tersebut seperti produk daging babi olahan, termasuk salami, ham, bacon, dan sosis.

3. Makanan gurih

Makanan gurih seperti keripik merupakan salah satu camilan favorit di rumah. Meski demikian, makanan ini juga dapat merusak dan memicu penyakit ginjal.

Penyakit kronis ini bisa disebabkan asupan garam berlebih seperti diketahui dari hasil penelitian tahun 2018 yang dimuat dalam jurnal Kidney and Blood Pressure Research.

4. Kentang

Salah satu sumber pangan yang kaya kalium dan mengandung hingga 1.640 miligram nutrisi adalah kentang. Sayangnya, kentang juga tidak baik dikonsumsi terlalu sering.

Pasalnya, kentang dapat menyebabkan masalah pada organ ginjal bagi orang yang memiliki keluhan atau penyakit ginjal. Jadi, mulailah mengurangi konsumsi makanan ini.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Nephrology menemukan bahwa di antara 36.359 subjek yang diteliti, individu dengan penyakit ginjal kronis stadium akhir yang memiliki kadar kalium serum lebih tinggi.

Sekali lagi, penelitian ini hanya melibatkan pasien dengan penyakit ginjal kronis stadium akhir. Jadi, bagi orang yang sehat jangan khawatir untuk makan kentang.

5. Soda

Tak hanya olahan makanan tertentu, minuman seperti soda juga kurang baik bagi kesehatan karena bisa memicu berbagai penyakit kronis, salah satunya penyakit ginjal.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology. Karena itu, jangan ragu menghindari minuman soda.***

Sumber: jember

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *