Terkuak! dari Mana Varian Delta Masuk ke Indonesia, Ternyata Lewat Ini, ‘Kita Kebobolan’

Anggota staf medis mengadakan pertemuan ketika mereka bersiap untuk memberikan tes asam nukleat untuk memeriksa virus corona di Wuhan di provinsi Hubei tengah China pada 3 Agustus 2021, ketika kota itu menguji seluruh populasinya untuk Covid-19.


banner 500x500

banner 800x800





Hajinews – Terungkap asal usul varian Delta bisa masuk ke Indonesia. RI pernah mengalami gelombang kedua Covid-19 pada Juli 2021 lalu.

Varian Delta menjadi biang keladi Indonesia dihantam gelombang kedua tersebut.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Ternyata virus corona yang berasal dari India itu masuk dari jalur laut ke Indonesia.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Budi mengatakan, hal ini diketahui setelah pihaknya melakukan evaluasi.

Menurut dia, varian Delta itu berasal dari kedatangan Warga Negara Asing (WNA) yang menggunakan transportasi laut.

“Banyak WNA dari India yang diizinkan masuk ke Tanah Air, padahal kondisinya sudah Covid-19,” kata Budi, Senin (13/9/2021).

Budi mengakui jika jalur laut saat itu tak begitu ketat.

Sehingga banyak kapal-kapal pengangkut barang yang masuk ke Indonesia dari India.

“Pintu masuk kemarin Delta kita agak kebobolan karena kita lupa menjaga dari sisi lautnya.

Banyak kapal-kapal pengangkut barang yang masuk ke Indonesia dari India, krunya pada saat mendarat diizinkan turun sehingga menularkan,” kata Budi saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (13/9/2021).

Ia menyebut, bila di sektor transportasi udara, pengawasannya sudah baik. Bahkan, seluruh bandara sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat terhadap setiap penumpang yang datang dari luar negeri.

“Pintu masuk udara relatif memang tesnya lebih baik, jadi entry test-nya dilakukan lebih baik, sudah hampir semua bandara kecuali Bandara Kualanamu yang bagus testing-nya, walaupun entrinya baik tapi masih ada catatan adalah exit test yang dilakukan sesudah masa karantina,” ujarnya.

Ia menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan jajaran kementerian dan lembaga terkait agar sektor transportasi laut bisa lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Di laut ini ada beberapa contohnya yang harus segera kita perbaiki terutama dari Batam karena banyak yang masuk di sana.

Tapi kita juga nanti akan memonitor pernah masuk kemarin dari Dumai dan juga dari Cilacap, pada saat itu masuknya Delta dari sana,” kata dia.(dbs)

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *