5 Cara Upaya Mencegah Terjadinya Lonjakan Gula Darah bagi Pasien Diabetes

5 Cara Upaya Mencegah Terjadinya Lonjakan Gula Darah bagi Pasien Diabetes
5 Cara Upaya Mencegah Terjadinya Lonjakan Gula Darah bagi Pasien Diabetes


banner 500x500

banner 800x800





Hajinews.id – Lonjakan gula darah biasanya terjadi ketika gula darah naik dan kemudian turun secara tajam setelah makan. Dalam jangka pendek, hal tersebut dapat menyebabkan kelesuan dan rasa lapar.

Seiring dengan berjalannya waktu, tubuh kita mungkin tdak dapat menurunkan gula darah secara efektif, yang pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah cara untuk mencegah agar gula darah tidak melonjak tinggi:

Bacaan Lainnya


banner 400x400

1. Pilih makanan rendah karbohidrat

Karbohidrat dapat menyebabkan kenaikan gula darah. Ketika kamu mengonsumsi karbohidrat, mereka akan dihancurkan menjadi gula sederhana.

Gula tersebut kemudian akan masuk ke dalam aliran darah. Saat kadar gula darah naik, pankreas melepaskan hormon yang disebut insulin, yang mendorong sel untuk menyerap gula dari darah, sehingga menyebabkan kadar gula darah turun.

2. Mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat olahan

Contoh dari karbohidrat olahan adalah gula atau biji-bijian olahan. Beberapa sumber karbohidrat olahan yang cukup sering ditemukan adalah gula putih, roti tawar, nasi putih, soda, permen, sereal, dan makanan penutup.

Karbohidrat olahan dikatakan memiliki indeks glikemik tinggi, karena sangat mudah dan cepat dicerna oleh tubuh. Tak ayal, cara ini menyebabkan lonjakan gula darah.

3. Kurangi asupan gula

Tubuh akan memecah gula sederhana ini dengan sangat mudah, menyebabkan lonjakan gula darah yang hampir seketika. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi gula dikaitkan dengan pengembangan resistensi insulin.

Hal ini terjadi ketika sel gagal merespons sebagaimana mestinya terhadap pelepasan insulin, mengakibatkan tubuh tidak dapat mengontrol gula darah secara efektif.

4. Menjaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat membuat tubuh lebih sulit menggunakan insulin dan mengontrol kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi. Di sisi lain, penurunan berat badan telah terbukti meningkatkan kontrol gula darah.

5. Lebih banyak berolahraga

Olahraga membantu mengontrol lonjakan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas sel terhadap hormon insulin. Olahraga juga menyebabkan sel otot menyerap gula dari darah, membantu menurunkan kadar gula darah. Baik olahraga intensitas tinggi maupun intensitas sedang terbukti dapat mengurangi lonjakan gula darah.

Sumber: medcom

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *