Inilah Amalan Mencerdaskan Otak Sampai Berkali Lipat dan Kuat Dalam Ingatan Menurut UAH

Inilah Amalan Mencerdaskan Otak Sampai Berkali Lipat dan Kuat Dalam Ingatan Menurut UAH
Inilah Amalan Mencerdaskan Otak Sampai Berkali Lipat dan Kuat Dalam Ingatan Menurut UAH


banner 500x500

banner 800x800





Hajinews.id – Menjadi pintar tidak dilakukan dengan berdiam diri dan tanpa melakukan sesuatu. Menjadi pintar memerlukan keseriusan dan ketekunan untuk memahami ilmu pengetahuan.

Pintar memang anugerah, tetapi anugerah yang diusahakan. Proses ikhtiar merupakan kunci pintarnya seseorang.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Selain pintar, daya ingat otak perlu diasah. Kemampuan menghafal adalah salah satu syarat menjadi pintar. Lantas, amalan apa yang harus dilakukan agar otak kita menjadi pintar, kuat ingatan dan mudah menghafal?

Dalam kesempatan ini, Ustadz Adi Hidayat atau UAH membagikan sebuah amalan yang dapat dilakukan untuk mencerdaskan otak sampai berkali lipat dan kuat dalam ingatan yang dikutip dalam unggahan di Kanal Youtube Ceramah Pendek pada 24 November 2017.

Al Quran surah kedua ayat 282 ini yang paling utama, tolong garis bawahi betul ya, ini yang paling utama dan ini yang membedakan Allah memberikan tambahan pengetahuan atau tidak,” kata Ustadz Adi Hidayat atau UAH.

Setelah menjelaskan sebuah ayat, Ustadz Adi Hidayat kembali menjelaskan cara mudah dalam belajar agar kuat dalam ingatan.

“Kalau pengetahuan anda ingin ditambah oleh Allah, mudah dalam belajar kuat dalam ingatan, ini yang menentukan,” ucap Ustadz Adi Hidayat.

“Liat ujung ayatnya ‘wattaqullāh, wa yu’allimukumullāh’ tingkatkan taqwamu kepada Allah, maka Allah akan ajarkan anda pengetahuan,” tambah Ustadz Adi Hidayat dalam penjelasannya.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, bagi seseorang yang ingin dipercepat pemahamannya oleh Allah SWT, hal ini dikarenakan sebuah taqwa.

“Ini ada orang-orang yang ketika dia belajar dipercepat pemahamannya oleh Allah SWT, karena taqwanya menguatkan kepada Allah,” ucapnya.

“Di ayat ini ingin menyampaikan pada anda, kalau ilmu anda ditambah, cepat dipahamkan oleh Allah, orang lain baca tiga kali belum paham. Anda baru liat tiga huruf sudah mengerti,” ujar Ustadz Adi Hidayat.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan hal tersebut?

“Orang lain sulit menemukan dalil, anda tiba-tiba sudah ingat bahwa ini dalilnya, maknanya ini, ini arahnya kesini. Bagaimana cara mendapatkannya? Kata Al Quran, tingkatkan taqwa anda kepada Allah,” jelas Ustadz Adi Hidayat.

Setelah menjelaskan mengenai cara tersebut, ia pun menjelaskan arti dari sebuah taqwa.

“Mohon maaf, taqwa disebutkan 115 kali dalam Al Quran. Singkatnya cuma dua maknanya. Satu, tingkatkan ibadah dan dua, jauhi maksiat,” ucap Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat menyarankan jika saat ini sedang melatih anak-anak supaya pintar, kuat ingatan seperti Imam Az Zahabi, maka disarankan dari kecil yaitu dengan ibadah.

“Sholat, mulai dari baca Al Quran kalu bisa hafalkan Al Quran. Saya sudah mendapatkan informasi ini dari non muslim di Eropa. Ternyata mereka melakukan penelitian, orang yang hafal Al Quran itu meningkatkan kecerdesaan tiga kali lipat,” ujar Ustadz Adi Hidayat.

“Karena itu silahkan anda cek, semua orang yang pintar di masa lalu. Orang muslim yang karyanya banyak diambil di barat, kemudian diterjemahkan dalam bahasa mereka dan di klaim sebagai penemuan oleh mereka itu rata-rata sejak kecil belajarnya cuma dua. Satu belajar salat, yang kedua menghafal Al Quran,” ucapnya.

Sumber: jember

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *