Ketua MPR Bambang Soesatyo Bongkar Sosok Akidi Tio, Dermawan Nomor Dua di Dunia



banner 500x500

banner 800x800





Jakarta, Hajinews.id – Nama Akidi Tio ramai diperbincangkan publik setelah memberikan sumbangan Rp 2 triliun untuk penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut nilai sumbangan Akidi Tio terbesar kedua di dunia setelah Bill Gates, bos raksasa teknologi Miscrosoft.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

“Ternyata dia orang ke-2 sedunia yang menyumbang terbanyak sesudah Bill Gates,” ujar Bamsoet melalui unggahan Instagramnya, Kamis (29 Juli 2021).

Informasi yang disampaikan Bamsoet memang bukan isapan jempol. Pada Agustus tahun lalu, Bill Gates sendiri menggelontorkan bantuan sebesar 150 USD atau setera Rp 2,17 triliun untuk penanganan Covid-19 di negara-negara miskin. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa Akidi Tio memang merupakan penderma terbesar kedua setelah Bill Gates .

Bambang mengungkapkan, Akidi Tio dahulu, ialah hidup sebagai seorang pengusaha kecap hingga menjadi pemilik beberapa tempat klontong di Palembang, Sumatera Selatan.

“Pernah hidup di Palembang mulai usaha kecap, lalu punya pabrik kecap. Dia juga yang punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang dan dia yang punya Cipta Futura Sawi di Muara Enim,”tulisnya dalam keterangan di media sosialnya, Jumat (30/1/2021).

Dilanjutkannya,  sejak dulu Akidi Tio hidup di keluarga Thong Ju. China di Palembang yang kaya di era Soekarno, dan pamannya merupakan Menteri Perdagangan Singapura.

“Akidi Tio bersumpah kepada Thong Ju kalau dia kaya akan memberikan sumbangan rakyat Palembang, dan terbukti wasiatnya melalui anak cucunya.” sambungnya.

Tak hanya itu saja, ternyata sumber kekayaan sang dermawan Akidi Tio juga berasal dari usaha Tambang batu Dolmit bahan pembuat pupuk.

Bambang Soesatyo dibuat kagum karena ia juga sering menjadi penyumbang semasa hidupnya.

“Ternyata dialah penyumbang terbesar di Sumsel dan Indonesia, baik itu panti asuhan yatim, orang cacat, buta dll. Selalu pake No Name atau Hamba Allah.Ternyata dia orang kedua sedunia yang menyumbang terbanyak sesudah Bill Gates,”terang ia.

Menanggapi postingan tersebut Warganet juga dibuat terpanah dengan sosok Akidi Tio.

“Ternyata dia orang ke 2 sedunia yang menyumbang terbanyak sesudah Bill Gates,” tulis Bambang di akun Instagram @bambang.soesatyo

Penjelasan itu juga mendapatkan sejumlah respon dari warganet. “Harus diawasi uangnya disalurkannya buat apa jangan sampai dikorupsi pak,” tulis komentar @kannia3.

“Smg Keluarganya diberikan Panjang umur & kesehatan,” tulis @s_yayan88

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *