Hikmah Malam : Doa Untuk Orang Meninggal dan Hikmah di Baliknya



banner 500x500

banner 800x800





 

Hajinews.id- Kematian adalah salah satu kepastian yang terjadi dalam kehidupan. Semua makhluk pasti mati, tidak terkecuali manusia. Memanjatkan doa untuk orang yang meninggal adalah hal terkecil yang bisa kita lakukan.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Kematian selalu mendatangkan kesedihan. Terutama kepada orang-orang yang begitu dekat. Selain itu, kematian adalah tahapan di mana manusia akan menjalani kehidupan di alam baru. Tepatnya di alam kubur, menunggu hingga dibangkitkan saat Hari Akhir nanti. Setiap manusia akan menjalani Hari Perhitungan nanti. Menimbang amal sebagai balasan atas perbuatan selama di dunia.

Seorang muslim yang masih hidup senantiasa dianjurkan mendoakan mereka yang meninggal dengan doa terbaik. Berikut doa untuk orang yang meninggal dunia seperti diajarkan Rasulullah Muhammad SAW yang tertuang dalam hadis riwayat Imam Muslim.

Jenazah Laki-laki

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ
Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu, wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil mai wats tsalji wal baradi wa naqqihi minal khothoya kama naqqoitats tsaubal abyadla minad danas, wa abdilhu daran khoiram min darihi, wa ahlan khairam min ahlihi, wa zawjan khairam min zawjihi, wa ad-khilhul jannata, wa a’idzhu min ‘adzabil qobri wa ‘adzabin nar.

Artinya,
“Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia. Dan tempatkanlah pada tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia). Berilah ganti keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri yang lebih baik daripada istrinya, dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka.”

Jenazah Perempuan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار

Allahummaghfirlaha warhamha wa’afiha wa’fu ‘anha wa akrim nuzulaha, wa wassi’ madkholaha, waghsilha bil mai wats tsalji wal baradi wa naqqiha minal khothoya kama naqqoitats tsaubal abyadla minad danas. Wa abdilhu daran khairam min dariha, wa ahlan khairam min ahliha, wa zawjan khairam min zawjiha. Wa adkhilhal jannata, wa a’idz-ha min ‘adzabil qobri wa ‘adzabin nar.

Artinya,
“Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah pada tempat yang mulia (surga). Luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia). Berilah ganti keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), suami yang lebih baik daripada suaminya, dan masukkan ia ke surga. Jagalah ia dari siksa kubur dan neraka.”

Hikmah Mendoakan Orang yang Meninggal

Doa tentu membawa banyak keutamaan. Tidak hanya pada orang memanjatkannya namun juga mereka yang didoakan. Demikian pula degan mendoakan mereka yang meninggal. Doa kita bisa menjadi penolong bagi mereka.

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah Muhammad SAW berpesan mengenai keutamaan mendoakan orang yang meninggal.

Barang siapa yang mendiakan saudaranya secara ghaib, apalagi orangnya sudah meninggal, maka malaikan membisiki doa (amiin) untuk kita juga.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *