Malaysia Lebih Siap Tangani Pandemi, Rocky Gerung: Kondisi di Indonesia Rumit dan Simpang Siur

Rocky Gerung (foto: repelita)
banner 800x800

banner 800x800

banner 500x500

Hajinews – Pengamat politik Rocky Gerung memberikan komentar terkait permasalahan penanganan pandemi covid-19 di Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rocky bahkan menegaskan bahwa publik Indonesia tak perlu sampai jauh-jauh membandingkan situasi dengan di Eropa dan Amerika Serikat.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Sebab, kondisi Indonesia dibandingkan beberapa negara tetangga saja sudah jauh berbeda.

“Malaysia saja sudah mulai mengalami keresahan sosial dan ekonomi hingga meminta perdana menterinya mundur,” ujarnya dalam video di kanal YouTube Rocky Gerung Official, Selasa (20/7).

Menurut Rocky, hal tersebut mengejutkan. Pasalnya, sistem kesehatan Malaysia jauh lebih baik dari Indonesia dan siap dalam menghadapi pandemi.

“Penduduknya juga lebih sedikit dan lebih mudah diatur. Secara etnis ada ketegangan, tetapi bisa diselesaikan dalam sistem politik,” ungkapnya.

Sementera itu, Rocky mengatakan bahwa apa yang terjadi di Indonesia tak sekadar rumit, tetapi sudah simpang siur.

“Dari soal dana yang tidak benar, lalu ada omongan dari tiap-tiap menteri. Orang jadi tak paham apa yang sebenarnya sedang berlangsung,” katanya.

Akademisi itu menilai bahwa masyarakat Indonesia tak hanya bersiap untuk guncangan pandemi dan ekonomi, tetapi juga perubahan politik.

“Mungkin satu minggu lagi sesuatu berlangsung di kabinet, lalu ada yang mengundurkan diri, lalu terjadi gempa bumi politik. Bisa macam-macam itu,” tuturnya. (dbs).

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *