Joe Biden: Ribuan Muslim AS Tahun Depan Pergi Haji, Insyaallah

banner 800x800

banner 800x800

banner 500x500

 

Hajinews.id – Presiden Amerika serikat Joe Biden mengatakan ibadah haji pada tahun depan akan diselenggarakan hal itu disampaikan Biden saat menyampaikan ucapan selamat Idul Adha.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

“Ibadah haji, yang mempertemukan orang dari seluruh lapisan masyarakat dan dari setiap sudut dunia, juga merupakan pengingat akan komitmen Islam terhadap kesetaraan dan kesamaan nilai-nilai mendasar agama-agama Ibrahim,” kata Biden seperti dikutip dari keterangan pers Kedutaan Besar AS untuk Indonesia, Rabu (21/7/2021).

Biden menambahkan, agar cita-cita warga AS yang ingin menunaikan ibadah haji tercapai, maka pandemi COVID-19 harus dapat dikendalikan. Ia memastikan, AS siap membantu dan bekerja sama dengan negara-negara dunia untuk memerangi virus corona.

“Amerika Serikat berkomitmen untuk bekerja dengan komunitas internasional untuk bangkit lebih kuat seusai pandemi dan ribuan Muslim Amerika termasuk di antara mereka yang ingin menunaikan ibadah haji tahun depan, insyaallah,” jelas Biden.

Sama seperti 2020, ibadah haji pada 2021 masih dilangsungkan terbatas. Hanya sekitar 60 ribu warga Arab Saudi dan ekspatriat yang tinggal di negara itu boleh menunaikan pilar kelima agama Islam itu.

Karena pembatasan itu, pada 2021 ini tidak ada jemaah haji yang datang langsung dari Amerika Serikat ataupun negara lainnya. Pemerintah AS pun merekomendasikan warganya untuk menunda pergi ke Arab Saudi akibat kekhawatiran penularan virus corona.

Bahkan, dalam situs Kemlu AS untuk 2021 ini warga AS juga tidak direkomendasikan untuk umrah.

Menurut catatan Pew Research Center, pada tahun 2018 jumlah umat Islam di AS diperkirakan 3,45 juta atau sekitar 1,1 persen dari total populasi. Pada tahun 2018, sekitar 20 ribu muslim AS melaksanakan ibadah haji.

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *