Vaksin Nusantara Diklaim Terawan Bakal Jadi Senjata yang Akhiri Pandemi Covid-19

banner 800x800

banner 800x800

banner 500x500

Hajinews — Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto atau dr. Terawan mengklaim jika Vaksin Nusantara sedang ramai diperbincangkan masyarakat dunia. Vaksin itu kini sedang dikembangkan olehnya.

Dr. Terawan menyebut Vaksin Nusantara sudah dibahas di New York, Amerika Serikat. Penelitian tentang vaksin itu juga terbit dalam jurnal vaksin PubMed.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Jurnal itu menyebutkan dendritik sel vaccine immunotherapy atau Vaksin Nusantara ini mampu menghentikan pandemi Covid-19.

“Sekarang di seluruh dunia sedang membicarakannya. The begining the end cancer and Covid-19, Artinya apa? Dunia sepakat punya hipotesis bahwa yang akan menyelesaikan hal ini, Covid-19 adalah dendritik sel vaccine immunotherapy atau vaksin nusantara,” ujar Terawan dalam webinar yang disiarkan di kanal Youtube RSPAD Gatot Soebroto.

Menurut dr. Terawan, keunggulan Vaksin Nusantara adalah dapat mengubah antigen dengan mudah. Karena itu, Vaksin Nusantara dapat menangani mutasi Covid-19 seperti apa pun.

“Artinya apa? artinya kita bisa menyesuaikan kapan saja mau mutasi kaya apa bisa kita sesuaikan. Dampaknya apa? Ketahanan, kesehatan nasional menghadapi pandemi ini bisa kita atasi dengan membuat imunitas yang baik untuk setiap warga negara,” lanjutnya.

 

Keunggulan Vaksin Nusantara

Dr. Terawan juga mengatakan bahwa Vaksin Nusantara bisa diproduksi masal tanpa butuh banyak peralatan.

“Urusan massal itu simpel sekali. itu urusan inovasi yang gampang sekali kita buat. Sangat simpel buatnya. penyimpanannya juga tidak membutuhkan inkubator khusus,” tuturnya.

“Secara teknis sangat simpel buatnya. Yang penting sekarang ini adalah kita mem-publish, mempublikasikan sebagai evidence, itu kuncinya,” kata dia.

Jika nanti Vaksin Nusantara sudah benar-benar jadi, dr. Terawan mengklaim Indonesia bisa jadi negara pertama yang mengakhiri pandemi ini.

“Jadi bayangkan kita sudah punya teknologinya kita tinggal kembangkan dan kita akan menjadi negara pertama yang mengembangkan dendritik sel vaccine immunotherapy yang dunia juga sudah menyetujui menghipotesiskan untuk menjadi the beginning of the end, mulai mengakhiri covid-19,” kata dia.

Mantan Menkes ini juga menegaskan Vaksin Nusantara aman digunakan oleh manusia karena telah melalui proses yang panjang dan hati-hati.(dbs)

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *