Daging Kambing Dimasak Tongseng atau Gulai? Ini Perbedanya

instagram.com/mau_kuliner


banner 500x500

banner 800x800





Hajinews — Hampir setiap perayaan Idul Adha, menu makanan gulai, tongseng dan satai pasti menjadi andalan. Olahan hidangan khas Indonesia ini seperti menjadi menu wajib di saat hari besar.

Tapi tahukah anda, apa perbedaan gulai dengan tongseng? Buat anda pencinta daging merah, berikut beberapa perbedaan tongseng dan gulai yang harus dimengerti, sebagaimana dikutip IDN Times;

Bacaan Lainnya


banner 400x400

 

1. Menggunakan bagian daging yang berbeda
instagram.com/martinpraja

Tongseng dan gulai sebenarnya sama-sama menggunakan bagian tubuh kambing sebagai isian utamanya. Namun, jenis bagian yang digunakan tentu saja berbeda. Tongseng menggunakan potongan daging kambing yang berserat.

Biasanya daging kambing dipotong berbentuk dadu. Dengan begitu, daging bisa masak dengan empuk dan matang dalam waktu tak terlalu lama.

Berbeda dengan gulai yang mayoritas isian utamanya adalah jeroan kambing, seperti paru, babat, dan usus. Meski demikian, tak jarang pula ada yang menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya.

 

2. Terlihat jelas dari warna dan rasa kuahnya
instagram.com/endanggonzalez

Perbedaan mencolok lainnya berasal dari warna kuahnya. Sebenarnya, kuah tongseng terbuat dari kuah gulai. Namun, diberikan sedikit tambahan kecap manis, sehingga kuahnya menjadi sedikit lebih encer dan kecokelatan.

Sedangkan kuah gulai, warnanya cenderung kuning kemerahan. Tingkat kekentalannya pun jauh lebih baik dari kuah tongseng, karena menggunakan santan kental. Selain itu, kuah gulai juga diberikan tambahan cabai rawit utuh.

Kalau dari segi rasa, tentu saja keduanya memiliki rasa gurih yang kuat. Kuah tongseng punya rasa yang lebih manis dengan ditambahkannya kecap. Sedangkan, kuah gulai punya rasa gurih dengan sensasi pedas cabai rawit.

 

3. Dari sisi bahan pelengkap

Perbedaan selanjutnya ada pada bahan pelengkap yang digunakan. Selain berisi potongan daging kambing, terdapat pula beberapa sayuran, seperti potongan kol atau kubis dan tomat, pada tongseng.

Sedangkan untuk gulai, biasanya jarang menambahkan bahan pelengkap. Gulai disajikan polos hanya kuah dan jeroan atau daging saja.

 

4. Bumbu yang digunakan
Unsplash/Jason Leung

 

Selain penggunaan daging dan kuah, perbedaan juga terlihat dari bumbu yang digunakan saat memasak. Tongseng menggunakan bawang putih, bawang merah, lengkuas, serai, daun bawang, lada, kemiri, kunyit, jahe, dan ketumbar.

Berbeda dengan gulai yang fokus memberikan warna kuning kemerahan pada kuah. Sehingga, gulai hanya membutuhkan beberapa rempah saja, seperti merica, kayu manis, pala, kunyit, cabai merah, serai, bawang putih, dan bawang merah.(dbs)

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *