Hikmah Malam : 5 Amalan Ringan Penghapus Dosa dan Penyelamat Api Neraka

Inilah Warna Warna Api Neraka Yang Disebutkan Oleh Rasulullah
banner 800x800

banner 800x800

banner 500x500

 

 

Bacaan Lainnya


banner 400x400

 

Hajinews.id – Tak ada manusia yang sempurna dan luput dari kesalahan. Bahkan, setiap hari pasti ada saja perbuatan khilaf yang menyebabkan bertambahnya dosa-dosa.

Segala perbuatan buruk yang dilakukan di dunia akan ditimbang di akhirat, sebagai penentu untuk memperoleh ganjaran yang setimpal.

Meski begitu, Allah SWT sangat menyanyai hamba-hamba-Nya, sehingga Dia memberikan kemudahan bila hamba-Nya hendak memohon ampunan.

Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya, menganjurkan umat Muslim agar melakukan kebaikan-kebaikan sebagai amalan penghapus dosa.

“Bertakwalah kepada Allah di mana pun berada. Iringilah perbuatan dosa dengan amal kebaikan, karena kebaikan itu dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain yang baik akhlaknya.” (HR. Ahmad 21354, Tirmidzi 1987).

Ada beberapa amalan yang bisa dilaksanakan untuk menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan. Berikut ini hajinews bagikan amalan penghapus dosa yang bisa menyelamatkan umat Muslim dari api neraka.

1. Berbuat Baik

Amalan yang dapat menghapus dosa di antaranya yaitu senantiasa melakukan perbuatan baik.

Sebagai agama rahmatan lil alamin, Islam selalu mengajarkan kebaikan agar membawa rahmat bagi seluruh alam semesta.

Banyak riwayat hadis yang mengisahkan bagaimana perbuatan baik meskipun kecil, dapat menyelamatkan seorang hamba dari kobaran api neraka.

Misalnya, mengucapkan perkataan baik, memberikan salam, bersabar ketika ditimpa musibah, dan meringankan pembayaran utang orang lain.

Perbuatan baik sekecil apapun, akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT dan memungkinkan terhapusnya dosa-dosa yang terdahulu.

“Sesungguhnya kebaikan itu menghapuskan keburukan, yang demikian itu adalah peringatan bagi orang orang yang ingat.” (QS. Hud: 114).

2. Sedekah

Nabi Muhammad SAW bahkan mengibaratkan dosa seperti api dan sedekah seperti air yang bisa memadamkannya.

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Ahmad, Al Tirmidzi dan selainnya dan di-shahih-kan Al Al Bani)

Sedekah bukan hanya berupa materi, melainkan juga dapat berbentuk perbuatan saleh yang bermanfaat bagi orang lain, sesuai sabda Rasulullah:

“Menegakkan keadilan dua orang (yang berselisih) adalah sedekah; menolong orang hingga ia dapat naik kendaraan atau mengangkatkan barang bawaan ke atas kendaraannya merupakan sedekah; kata-kata yang baik adalah sedekah, setiap langkah kaki yang engkau ayunkan menuju ke masjid adalah sedekah; dan menyingkirkan aral (rintangan, ranting, paku, kayu, atau sesuatu yang mengganggu) dari jalan juga merupakan sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Zikir

Berzikir dengan mengucapkan pujian-pujian untuk mengingat Allah SWT termasuk salah satu amalan yang bisa menghapus dosa.

Zikir yang dilantunkan boleh berupa ucapan tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dan lainnya.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan zikir mengucapkan subhanallah wa bihamdihi untuk meleburkan dosa-dosa.

“Barang siapa yang berkata subhanallah wa bihamdihi (Maha Suci Allah dan dengan segala pujian bagi-Nya), sebanyak 100 kali maka akan dihapus dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih lautan.” (HR. Bukhari)

4. Wudu

Cara menghapus dosa yang sederhana dan mudah diamalkan yaitu dengan menyempurnakan wudu.

Bagi orang yang bersuci dengan sempurna dan membasuh tubuh saat berwudu secara merata, maka dosanya terdahulu akan diampuni, sesuai sabda Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang berwudu, kemudian memperbagus wudunya, maka dosa-dosanya akan berguguran dari jasadnya sampai keluar dari bawah kuku-kukunya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Apalagi jika setelah berwudu dilanjutkan dengan melangkahkan kaki untuk salat, maka Allah akan menghapus satu dosanya.

5. Tobat

Tobat adalah wujud pengakuan dosa dan permohonan ampunan seorang hamba kepada Allah SWT.

Bertobat dengan menyatakan penyesalan dan bertekad tidak mengulangi perbuatan yang sama, merupakan amalan penghapus dosa.

Cara tobat yang bisa dilakukan yakni memanjatkan doa dengan beristigfar, dan mendirikan salat Tobat.

Tobat yang dilakukan dengan ikhlas, tulus, dan bersungguh-sungguh, niscaya akan diterima Allah SWT.

“Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah: 37).

Dalam Islam, tobat sangat penting sebagai gerbang segala ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Dikhawatirkan, dosa yang tidak ditobati, akan melahirkan dosa-dosa lain yang menyebabkan hati menjadi gelap.

Itulah amalan penghapus dosa yang mudah dilakukan untuk menyelamatkan diri dari kobaran api neraka. Semoga Allah SWT senantiasa mengampuni dosa-dosa kita. (dbs)

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *