Wakaf Stunting, Program Unggulan IPHI Demi Menjaga Kemabruran Haji

banner 800x800

banner 800x800

banner 500x500

Jakarta, Hajinews.id – Krisis sosial dan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 berpotensi meningkatkan angka stunting di Indonesia. Kondisi ini menjadi perhatian khusus bagi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) mengingat Indonesia berada di urutan keempat dunia terkait kasus balita stunting dan urutan pertama sebagai negara berpenduduk terpendek di Dunia dengan rata-rata tinggi hanya 62.2 inci atau 157,9 sentimeter.

Ketua PP IPHI, Dr Abidinsyah Siregar mengatakan dalam rangka penanganan kasus stunting pada anak-anak, IPHI menghadirkan program wakaf stunting.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

“Basis wakaf ini ada dua, mengumpulkan wakaf dari orang yang peduli dan mengembalikan wakaf pada orang yang mampu mendampingi keluarga stunting” kata Abidin dalam rapat zoom pada hari sabtu (3/7/2021).

Ditambahkan Abidin menjadi pendamping keluarga stunting merupakan bentuk nyata menjaga kemabruran haji.

“IPHI akan mendata, akan mengajari dan memperbaiki umat agar tidak ada yang tidak tertinggal. Jika ada rezeki tidak hanya masalah stunting, IPHI juga bisa mebedah rumah mereka jadi dari kayu di dinding semen, atap kayu diganti seng.” tambah Abidin.

Abidin menilai pemerintah memang sudah melakukan penanganan masalah stunting namun mekanisme birokrasi membuat penyaluranya membutuhkan waktu yang tergolong lama.

” Mekanisme birokrasi membutuhkan waktu, bisa saja dana bantuan nyampe namun anak keburu besar. Kalau IPHI praktis bisa langsung” jelas Abidin.

Sasaran program wakaf stunting ini tidak hanya sesama muslim. Dengan mengusung konsep rahmatan lil’alamin IPHI akan menyalurkan program wakaf stunting kepada semua orang yang membutuhkan termasuk yang bukan beragama muslim.

Sementara, Ketua Umum PP IPHI, H. Ismed Hasan Putra menyampaikan kedepannya lantai dasar gedung iphi di Jakarta akan diubah menjadi klinik stunting.

“kita akan mengubah lantai satu kantor IPHI di Jakarta menjadi klinik stunting haji” kata Ismed.

Wakaf stunting adalah salah satu program unggulan IPHI yang dibahas dalam acara Rakernas XVI IPHI dan Pra-Muktamar Pembahasan Program Umum IPHI Th 2021-2026 pada hari sabtu (3/7/2021).

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *