Penting! Suplemen Terbaik Jika Ingin ‘Berumur Panjang’

Pembelian bahan pangan di antaranya sayur dan buah melalui aplikasi meningkat selama pandemi Covid-19.(Foto: distan.pemda-diy.go.id)


banner 500x500

banner 800x800





Jakarta, Hajinews.id — Setiap orang tentu mendambakan hidup dengan umur panjang. Namun, bukan hanya keberuntungan atau genetika yang dapat memengaruhi umur secara signifikan, suplemen yang tepat juga dapat meningkatkan kesehatan sehingga Anda bisa berumur panjang.

Untuk lebih mengetahui jenis suplemen yang agar berumur panjang, berikut uraiannya seperti dilansir dari Eat This, Senin (14/6).

Bacaan Lainnya


banner 400x400

1. CoQ10

Ahli Diet Carrie Gabriel mengatakan, CoQ10 adalah antioksidan yang memiliki peran penting dalam produksi energi dan membantu melindungi dari kerusakan sel. Dengan rutin mengonsumsi CoQ10, itu dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang.

“Tubuh kita secara alami memproduksi ini, namun, itu menurun seiring bertambahnya usia, dan suplemen telah terbukti meningkatkan kualitas hidup dan kinerja fisik atau mental pada individu yang lebih tua,” kata Gabriel.

2. Vitamin D

Meski sinar matahari menyediakan sumber vitamin D yang layak, banyak orang dewasa masih kekurangan vitamin esensial ini. Dengan mengonsumsi suplemen vitamin D secara rutin itu bisa meningkatkan usia harapan hidup seseorang.

Menurut penelitian tahun 2007 yang dilakukan di London School of Medicine, suplementasi vitamin D dapat meningkatkan panjang telomer pada wanita. Telomer adalah tutup pelindung di ujung kromosom yang memendek seiring bertambahnya usia

3. Kurkumin

Kurkumin, senyawa yang terdapat dalam kunyit, telah terbukti mengaktifkan protein tertentu seperti sirtuin yang meningkatkan umur panjang. Kurkumin juga mengurangi kerusakan sel dan penyakit serta gejala terkait usia.

4. Probiotik

Hidup lebih lama dimulai dengan usus yang lebih sehat, dan suplemen probiotik mungkin bisa membantu Anda mencapai keduanya. Menurut Ahli Diet terdaftar di Balance One Supplements, Trista Best, probiotik telah terbukti mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Bakteri sehat dalam suplemen probiotik bekerja untuk melawan bakteri jahat.

“Probiotik juga meningkatkan kekebalan tubuh dan respons peradangan secara keseluruhan. Diketahui bahwa peradangan kronis tingkat rendah terkait dengan penyakit kronis, yang memperpendek rentang hidup dan kualitas hidup,” kata Best.

5. Asam lemak omega-3

Suplemen Omega-3 dari tumbuhan alga atau ikan/kerang mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA rantai panjang yang telah terbukti mengurangi trigliserida serum dan mengurangi peradangan. Keduanya berkontribusi pada kesejahteraan dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Namun, Ahli Nutrisi Lindsay Wengler memperingatkan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apapun.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *