Waspadai 6 Bahaya Minum Kopi Instan Berlebihan, Bisa Sebabkan Penyakit Kanker hingga Serangan Jantung

Waspadai 6 Bahaya Minum Kopi Instan Berlebihan
Waspadai 6 Bahaya Minum Kopi Instan Berlebihan
banner 800x800

banner 800x800

banner 500x500
Hajinews.id – Umumnya, Kopi yang beredar di toko-toko adalah kopi instan, yang hanya menggunakan perasa kopi dan pemanis buatan, sehingga dapat dijual dengan harga yang sangat murah.

Pakar kesehatan mengungkapkan bahwa minum kopi instan terlalu sering memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan, karena kandungan yang ada di dalamnya.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Ternyata kopi instan bisa menyebabkan 6 bahaya kesehatan untuk tubuh, Salah satunya penyakit kanker hingga serangan jantung.

Dirangkum dari berbagai sumber pada Sabtu, 12 Juni 2021, simak penjelasan lengkap perihal kopi sama bahayanya disini.

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.

Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara salah satunya Indonesia.

Tidak hanya itu, kopi instan juga diduga mengandung zat yang tidak ‘ramah’ untuk kesehatan, khususnya jika diminum berlebihan atau dalam jumlah banyak secara berkelanjutan.

Berikut ini adalah 6 bahaya terlalu sering minum kopi instan bagi kesehatan, diantaranya:

Memicu Kanker

Ada beberapa kandungan dalam kopi instan yang jika dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan kanker, yakni gula dan minyak nabati.

Jika kedua kandungan tersebut digabungkan menjadi satu dengan bahan kimia tertentu, risiko kanker bisa meningkat berkali-kali lipat.

Meski demikian, masih butuh banyak penelitian untuk benar-benar memastikan bahaya kopi instan yang katanya bisa memicu kanker.

Meningkatkan Kolesterol Jahat (LDL)

Efek samping dari minum kopi instan setiap hari salah satunya adalah meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL). Hal ini disebabkan oleh krimer yang terkandung di dalam kopi instan.

Kandungan krimer dalam kopi instan membuat kolesterol tubuh susah dicerna, sehingga membuat kandungan kolesterol menumpuk dan semakin tinggi.

Memicu Penyakit Jantung

Kandungan kafein dalam kopi instan adalah kafein buatan. Jika dikonsumsi berlebihan, hormon dopamin pada tubuh akan meningkat, yang pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Penyakit diabetes tak dapat dihindari bila Anda memiliki kebiasaan minum kopi instan. Mengapa? Tidak lain, karena kandungan gula atau pemanis buatan yang tinggi di dalamnya.

Penelitian bahkan mengatakan bahwa konsumsi minuman manis seperti halnya kopi instan secara berlebihan dapat mencetuskan lonjakan gula darah pada orang-orang yang berisiko diabetes.

Meningkatkan Risiko Hipertensi

Kopi instan pada umumnya memiliki kandungan krimer nabati, yang tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh.

Oleh karena itu, krimer nabati tersebut bisa terus menumpuk hingga akhirnya menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Nah, pembuluh darah yang tersumbat adalah awal mula terjadinya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Menyebabkan Obesitas

Kopi instan memiliki kandungan gula dan pemanis buatan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kopi instan yang dikonsumsi berlebihan dapat mencetuskan obesitas atau berat badan berlebih.

Risiko obesitas akibat minum kopi instan bisa makin tinggi jika Anda juga jarang olahraga atau tidak menerapkan gaya hidup sehat.

Sumber; mantrasukabumi

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *