Kunjungan Ke Sumedang, Anies Bertemu Kang Emil dan Ziarahi Makam Tjut Nyak Dien

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan /Sumber: Antara / Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/
banner 800x800

banner 800x800

banner 500x500

Hajinews — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat melakukan kunjungan ke Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Selain dalam rangka panen raya, Anies juga bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil dan berkunjung ke Keraton Sumedang Larang.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Tidak hanya itu, Anies Baswedan ternyata juga melakukan ziarah ke makam salah satu pahlawan nasional Tjut Nyak Dien yang terletak tidak jauh dari alun-alun Sumedang.

Hal tersebut terlihat dari unggahan sang Gubernur melalui akun Facebook miliknya. Ia terlihat berfoto di makam sang pahlawan.

“Sesudah beberapa waktu lalu menonton Tjoet Nja’ Dhien bersama keluarga, dan begitu tahu ada agenda kerja sama di Sumedang, langsung berniat sekaligus menyempatkan ziarah ke makamnya,” tulis Anies Baswedan Sabtu, 12 Juni 2021.

Disela Kunjungannya ke Sumedang, Anies Baswedan Sempatkan Ziarah ke Makam Cut Nyak Dhien./* Facebook.com/ Anies Baswedan

Anies Baswedan juga tak lupa tuliskan sajak yang terukir di makam Tjut Nyak Dien yang merupakan pahlawan asal Tanah Rencong, namun juga sangat dihormati warga Sumedang, tempat dirinya diasingkan oleh penjajah Belanda.

Dalam film Tjut Nyak Dien, dirinya ditangkap Belanda pada tahun 1906 dan kemudian diasingkan ke Sumedang sebab khawatir membangkitkan semangat rakyat Aceh.

Selama dua tahun dalam masa pengasingan, ia habiskan waktu untuk mengajari penduduk membaca alquran dan bahasa Arab hingga ia wafat pada tahun 1908.

Makam Tjut Nyak Dien sendiri baru ditemukan kembali pada tahun 1959. Hal itu berkat pencarian Gubernur Aceh Ali Hasjmy dari data yang ditemukan di Belanda.

Tjut Nyak Dien wafat pada 6 November 1908. Meskipun tidak lama ia berada di Sumedang, namun semangatnya tetap digelorakan warga Sumedang hingga hari ini.(dbs)

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *