Ini Obat Asam Lambung Ampuh Sejak Zaman Nabi Muhammad SAW

Ini Obat Asam Lambung Ampuh Sejak Zaman Nabi Muhammad SAW
Ini Obat Asam Lambung Ampuh Sejak Zaman Nabi Muhammad SAW. Foto/ilustrasi gandum
banner 800x800

banner 800x800

banner 500x500
Hajinews.id – Ternyata ada obat lambung yang ampuh dan sudah dikonsumsi dari zaman Nabi Muhammad SAW.

Asam lambung naik menjadi masalah umum yang dikeluhkan usai mengonsumsi makanan asam serta pedas.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Padahal asam lambung naik juga berisiko meningkatkan penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease), yakni kondisi melemahnya katup penutup asam lambung, sehingga ia mudah naik ke tenggorokan.

Dalam kanal YouTubenya, dr. Zaidul Akbar Official memberikan beberapa kiat bagi penderita yang sering mengalami asam lambung naik.

Salah satunya mengonsumsi tepung talbinah yang biasa dikonsumsi Nabi Muhammad SAW, yang punya efek menenangkan pencernaan.

“Disarankan kepada orang seperti ini mengonsumsi talbinah, tepung gandumnya nabi. Disitu nabi katakan menenangkan,” ujar dr. Zaidul.

Talbinah adalah sejenis tepung yang terbuat dari gandum kategori biji barley. Biji barley sendiri kerap dijadikan bahan baku untuk membuat roti, minuman dan aneka masakan lainnya, karena terbuat dari biji-bijian maka tepung ini tinggi serat.

Dokter Zaidul menambahkan, orang dengan masalah asam lambung disarankan rutin mengonsumsi probiotik atau makanan dengan kandungan bakteri baik seperti tempe, yogurt, kedelai, kimchi, asinan dan sebagainya.

“Ditambah rempah-rempah yang sifatnya anget seperti jahe, sereh dan pandan direbus atau kasir air panas, diminum pagi dan menjelang tidur,” papar dr. Zaidul.

Dokter yang terkenal dengan konsep jurus sehat Rasulullah itu, menyakini beberapa cara yang sudah disebutkan akan bisa meredakan masalah asam lambung naik.

Namun ia juga mengingatkan untuk menghindari lebih dulu aneka makanan dengan tepung, seperti gorengan, ayam tepung, mie instan, dan sebagainya.

Ia khawatir jika dilanjutkan bukan hanya asam lambung mudah naik, tapi juga bisa merusak dinding lambung, yang mengarah pada kanker usus dan masalah pencernaan lainnya.

“Karena biasanya tepung bikin bloating (perut kembung), karena ke dinding usus terbuka. Gula pasir, minyak-minyakan gula pasir itu dikurangi,” pungkasnya.

Sumber: ayobandung

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *