Bawang Putih Bisa Jadi Antibiotik Alami? Ini Kata Dokter

Bawang Putih Bisa Jadi Antibiotik Alami? Ini Kata Dokter
Bawang Putih Bisa Jadi Antibiotik Alami. Foto/ilustrasi
banner 500x500

banner 800x800

banner 800x800

Hajinews.id – Tak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa saat masak, bawang putih juga kerap dimanfaatkan sebagai antibiotik alami yang digunakan ketika seseorang terinfeksi oleh penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Biasanya, antibiotik alami seperti bawang putih banyak dijadikan sebagai alternatif sebelum mengonsumsi antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Sebab, menurut data yang didapat dari NHS, 1 dari 10 orang yang mengonsumsi antibiotik mengaku mengalami efek samping.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Salah satu efek samping yang bisa dialami usai mengonsumsi antibiotik adalah resistensi antibiotik yang bisa mengancam kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri. Sementara itu, data dari NHS juga melaporkan bahwa sekitar 1 dari 15 orang alergi terhadap antibiotik.

Oleh karenanya, tak heran banyak orang yang memilih untuk mencoba antibiotik alami seperti bawang putih. Namun, apakah benar bawang putih efektif sebagai antibiotik alami? Menurut Dr dr Erwin Astha Triyono, SpPD-KPTI dari RSUD Soetomo, bawang putih sebenarnya berfungsi sebagai salah satu makanan yang bisa membantu meningkatkan imunitas saat terinfeksi bakteri.

“Ketika kita terkena infeksi, sebetulnya antibiotik itu bukan segala-galanya. Tetapi, hanya satu bagian yang tugasnya untuk, kalau kumannya banyak, berarti mengurangi. Tetapi jangan lupa bahwa ada yang namanya imunitas di tubuh masing-masing. Jadi sebetulnya antibiotik harus dibarengi juga dengan nutrisi, cairan, yang membuat tubuh mempunyai kemampuan untuk melawan kuman tersebut,” jelas dr Erwin dalam acara Virtual Media Briefing, Kamis (10/6/2021).

“Lalu, adakah antibiotik alami? Mungkin di sini maksudnya imunitas. Tidak hanya bawang putih, semua nutrisi itu baik. Yang mungkin mengandung protein cukup, vitamin cukup, dan seterusnya,” lanjutnya.

Dikutip dari Medical News Today, bawang putih memang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu antibiotik alami. Penggunaan bawang putih sebagai antibiotik pun sudah dikenal di berbagai belahan dunia sejak lama.

Penelitian terkait hal ini pun pernah dilakukan. Penelitian tersebut menemukan bahwa bawang putih bisa menjadi antibiotik yang efektif untuk melawan berbagai jenis bakteri, termasuk Salmonella dan Escherichia coli (E.coli).

Sumber: detik

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *