Doa Saat Melihat Bayi Atau Bertemu Anak Kecil

Doa Saat Melihat Bayi Atau Bertemu Anak Kecil
Doa Saat Melihat Bayi Atau Bertemu Anak Kecil. Foto/dok ist
banner 500x500

banner 800x800

banner 800x800

Hajinews.id – Selain mengusap kepala bayi atau anak kecil, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk memanjatkan doa kepada mereka. Ketika bayi, Ibnu Abbas pernah didoakan Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam dengan kalimat ini.

Ibnu Abbas atau Abdullah bin Abbas (68 Hijriyah) adalah sepupu Nabi (putra dari paman beliau Abbas bin Abdul Muthalib). Ibnu Abbas dikenal sebagai tokoh paling alim tentang Al-Qur’an dan paling faqih dalam ilmu tafsir. Beliau menghafal 1.660 hadis yang ditsabitkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dalam kitab shohih mereka.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Ketika lahir, beliau ditahnik dan didoakan langsung oleh Baginda Nabi. Allah mengabulkan doa Nabi sehingga di kemudian hari Ibnu Abbas menjadi seorang intelektual dan ahli Qur’an. Ketika berusia 10 tahun Ibnu Abbas telah mampu menghafal Al-Qur’an. Saat Rasulullah wafat, beliau berusia 13 tahun dan sudah menjadi ahli takwil yang diakui para sahabat.

Berikut Doanya:

اَللَّهُمَّ فَقِّهُّ فِي الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma Faqqihhu Fiddin wa ‘Allimhut-Takwil

Artinya:
Ya Allah, berilah kefahaman kepadanya dalam urusan agama dan ajarkanlah ilmu takwil (tafsir Al-Qur’an).

Catatan:
Untuk bayi perempuan kata Hu diganti menjadi Ha. Kalimat Faqqihu menjadi Faqqiha‘Allimhu menjadi ‘Allimha.

Selian doa di atas. Rasulullah juga memanjatkan doa untuk kedua cucunya, yaitu Hasan dan Husain. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَوِّذُ الحَسَنَ وَالحُسَيْنَ، وَيَقُولُ: إِنَّ أَبَاكُمَا كَانَ يُعَوِّذُ بِهَا إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ: أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan doa perlindungan kepada Hasan dan Husain. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Sesungguhnya bapak kalian berdua (yaitu Nabi Ibrahim) biasa memberikan doa perlindungan kepada nakanya, Ismail dan Ishaq dengan berdoa: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua gangguan setan, binatang yang mengganggu, dan pandangan mata yang jahat.” (HR Al-Bukhari)

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Artinya:
Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua gangguan setan, binatang yang mengganggu, dan pandangan mata yang jahat. (HR Al-Bukhari)

Kemudian ada juga amalan dari Imam Ja’far As-Shodiq. Beliau menganjurkan ketika mendoakan anak kecil agar mengusap kepala mereka lalu dibacakan Surah Al-Qadar . Kemudian mengusap dada mereka lalu dibacakan Surah Al-Insyirah . (Tadzkir An-Nas)

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *