IPHI Provinsi NTB Usulkan Tiga Program Unggulan Untuk Wujudkan Kesejahteraan Ummat

banner 500x500

banner 800x800

banner 800x800

Jakarta, Hajinews.id – Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW IPHI)  Nusa Tenggara Barat (NTB) H.M. Sukiman Azmy yang juga Bupati Lombok Timur mengusulkan tiga program unggulan  dalam Mukatamar ke-VII di Surabaya pada 24-25  Juli 2021.

Ketiga program tersebut berupa penguatan ekonomi kerakyatan,  pendidikan dan kesehatan agar IPHI dapat menjadi wadah bagi Haji dan Hajjah dalam membantu masyarakat dan mewujudkan kesejahteraan ummat.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

” Upaya terkait dengan ekonomi kerakyatan bagaimana pengurus memberdayakan sebuah kegiatan misalnya koperasi syariah atau kegiatan yang mendukung penguatan ekonomi lain.  Sementara penguatan bidang kesehatan, bagaimana setiap kota ada RS untuk melayani jamaah kita tidak hanya di kota namun juga di kecamatan atau mungkin semacam tingkat desa.  Dan untuk penguatan bidang pendidikan paling tidak dillingkuhan ranting ada, semacam playgrup atau MI dan MTS sehingga IPHI bisa memberikan manfaat kepada masyarakat secara langsung” kata H.M. Sukiman Azmy saat dihubungi Hajinews.id pada Rabu (9/6/2021).

Dikatakan Sukiman, IPHI dapat meningkatnya implementasi Haji Mabrur di tengah-tengah masyarakat melalui potensi para haji Indonesia.

“Untuk haji yang punya latar belakang pendidikan bisa menangani sekolah sekolah yang dibuat IPHI.  Yg punya layar belakang pendidikan kesehatan seperti dokter bisa menangani RS IPHI.  Intinya bagaimana memberikan manfaat bagi umat untuk menjaga kemabruran.”jelasnya.

Sementara,  persiapan Pengurus Wilayah jelang  Muktamar IPHI ke-VII di Surabaya masih terus dilakukan terutama terkait pembahasan mengenai program apa saja yang akan dibawa ke Muktamar.

“Rasa – rasa untuk persiapan belum maksimal artinya Kerjasama IPHI Wilayah masih taraf persiapan terkait program-program.” ujar Sukiman.

Sukiman berharap kedepannya
IPHI dapat  meningkatnya Kerjasama dengan pemerintah,  sehingga IPHI bisa menjembatani kepentingan masyarakat muslim serta penghubung antara tuntutan ajaran agama dengan realitas sosial.

“Paling tidak IPHI kerja sama dengan pemerintah dalam rangka penanganan umat, agar bisa melaksanakan kemabruran. Sampai saat ini para pengurus IPHI tidak ada pergantian dari pemerintah karena mungkin kurang kerja sama dari pusat sampai daerah.”paparnya

Sementara,  Sukiman juga berharap Ketua IPHI memiliki waktu dan kesempatan agar mampu memaksimalkan kegiatan kegiatan dalam rangka membesarkan IPHI itu sendiri.  (sitha)

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *