Stop Berdebat, Ini Penjelasan Resmi Duta Besar Arab Saudi Soal Pembatalan Haji Indonesia

banner 500x500

banner 800x800

banner 800x800

Jakarta, Hajinews.id – Duta Besar Arab Saudi untuk Republik Indonesia, Syekh Ishom Abeed Tsaqafy, bersama rombongan berkunjung ke kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), membahas berbagai hal termasuk keputusan Indonesia membatalkan keberangkatan jemaah haji 2021.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Prof KH M Cholil Nafis  menjelaskan, dalam kesempatan itu Dubes Kerajaan Arab Saudi menjelaskan bahwa hingga saat ini Arab Saudi belum mengirimkan undangan haji ke negara lain, termasuk Indonesia.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

“Dubes Arab Saudi juga menjelaskan bahwa masalah pembatalan pemberangkatan jemaah haji Indonesia oleh pemerintah Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Kerajaan Saudi Arabia dengan Republik Indonesia,” tegas Cholil Nafis.

“Termasuk juga tidak ada hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen vaksin tertentu,” imbuhnya.

Banyak rumor beredar terkait keputusan pemerintah Indonesia membatalkan haji 2021. Mulai dari Indonesia memiliki utang operasional haji, Indonesia tidak mendapat kuota haji, hingga vaksin buatan China menjadi penyebab Indonesia tidak bisa memberangkatkan jemaah. Namun, semua isu itu telah dibantah pemerintah. Sebab, hingga kini Arab Saudi belum mengumumkan kebijakannya tentang haji, termasuk soal kuota. Pengumuman baru akan disampaikan beberapa hari mendatang.

Lebih lanjut Cholil menuturkan, dalam kunjungan tersebut Duta Besar Arab Saudi juga menyambut baik rencana kerja sama antara Arab Saudi dengan MUI. Kerja sama ini di bidang pemikiran keislaman, ukhuwah, dakwah, ekonomi, dan sebagainya (ra’awun wa tabadulul ara’) yang berorientasi pada penguatan Islam wasathiyah untuk kawasan Saudi Arabia, Indonesia, dan dunia internasional.

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *