Yuk Konsumsi, 5 Makanan Sehat Penghilang Stress



banner 500x500

banner 800x800





 

  Jakarta, Hajinews.id – Di kala pandemi Covid-19, stress lebih sering dirasakan oleh tiap orang. Jika sedang mengalami stress, maka akan berdampak pada aktivitas sehari-hari.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Untuk meredakan stress yang dirasakan, Anda tidak perlu lagi khawatir dan bingung karena bisa diredakan dengan beberapa makanan. Dikutip hajinews.id dari Healthline, berikut 5 makanan yang dipercaya berhasil menghilangkan stres:

1. Jeroan

Jeroan berupa jantung, hati, dan ginjal yang berasal dari sapi dan ayam merupakan sumber vitamin B yang sangat baik, terutama B12, B6, riboflavin, dan folat. Vitamin-vitamin tersebut ternyata sangat penting untuk pengendalian stres, hal itu karena vitamin B memproduksi neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin yang membantu mengatur suasana hati.

Hasil penelitian menemukan bahwa suplemen vitamin B menurunkan tingkat stres dan secara signifikan bermanfaat bagi suasana hati.

Cukup 1 irisan (85 gram) hati sapi memberikan lebih dari 50 persen dari Nilai Harian (DV) untuk vitamin B6 dan folat, lebih dari 200 persen DV untuk riboflavin, dan lebih dari 2.000 persen DV untuk vitamin B12.

2. Telur

Telur sebagai multivitamin alami, telur mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk respons stress yang sehat.

3. Kerang

Beberapa jenis kerang, misalnya saja kerang tiram memiliki asam amino tinggi seperti taurin yang berpotensi meningkatkan suasana hati. Taurin dan asam amino lain dibutuhkan untuk menghasilkan neurotransmiter seperti dopamin yang penting untuk mengatur respons stres.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa taurin memiliki efek antidepresan. Kerang juga mengandung vitamin B12, seng, tembaga, mangan, dan selenium yang membantu meningkatkan mood.

4. Bubuk Ceri Acerola

Ceri Acerola adalah salah satu sumber vitamin C yang paling terkonsentrasi. Buah ini mengandung vitamin C sebanyak 50 hingga 100 persen lebih banyak dibanding buah jeruk seperti jeruk dan lemon.

Vitamin C berperan dalam respons stres.Terlebih lagi, tingkat vitamin C yang tinggi mampu meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat depresi dan kemarahan. Selain itu, mengonsumsi makanan kaya vitamin dapat meningkatkan mood secara keseluruhan. Meskipun demikian, ceri acerola sangat mudah rusak.

5. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti mackerel, herring, salmon, dan sarden kaya lemak omega-3 dan vitamin D, nutrisi yang terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga membantu tubuh Anda menangani stres. Faktanya, asupan omega-3 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi pada populasi Barat. Sementara, vitamin D berperan penting dalam kesehatan mental dan regulasi stres.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *