Masya Allah! Hadis ini Sangat Penting Direnungkan Orang yang Berpuasa

Hadis ini Sangat Penting Direnungkan Orang yang Berpuasa
Hadis ini Sangat Penting Direnungkan Orang yang Berpuasa. foto/ilustrasi berpuasa


banner 500x500

Hajinews – Orang yang berpuasa hendaknya menjauhi dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa baik itu berupa makanan, minuman, atau hal-hal lain yang sifatnya akhlaki, seperti menjauhi sifat sombong, iri, dengki, dan lain sebagainya.

Dalam keadaan Orang yang Berpuasa seperti ini, penting kiranya untuk merenungkan hadis atau sabda Rasulullah SAW yang diriwayakan oleh Ummi Hani’ binti Abi Thalib karramallahu wajhah dan dicatat Imam at-Thabrani dalam kitab Mu’jamus Shagir. Berikut hadis lafaznya:

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (إِنَّ أُمَّتِيْ لَمْ يَخِزُّوْا مَا أَقَامُوْا شَهْرَ رَمَضَانَ). قِيْلَ يَا رَسُوْلَ الله وَمَا خَزِيُهُمْ فِي إِضَاعَةِ شَهْرِ رَمَضَانَ؟ قال: (اِنْتِهَاكُ الْمَحَارِمِ فِيْهِ مِنْ زِنَا فِيْهِ أَوْ شَرِبَ فِيْهِ خَمْرًا لَعَنَهُ اللهًُ وَمَنْ فِي السَّمَاوَاتِ إِلَى مِثْلِهِ مِنَ الْحَوْلِ فَإِنْ مَاتَ قَبْلَ أَنْ يُدْرِكَهُ رَمَضَانُ لَمْ تَبْقَى لَهُ عِنْدَ اللهِ حَسَنَةٌ يتقي بها النار فَاتَّقُوا شَهْرَ رَمَضَانَ فَإِنَّ الْحَسَنَاتِ تُضَاعَفُ فِيهِ مَا لَا تُضَاعَفُ فِيْمَا سِوَاهُ وَكَذَلِكَ السَّيِّئَاتُ).

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Sesungguhnya umatku tidak akan terhina, selama mereka mendirikan bulan Ramadhan.’ Sahabat bertanya: ‘Wahai Rasulullah, apa bentuk kehinaan mereka dalam menyia-nyiakan bulan Ramadhan?’ Rasulullah menjawab, ‘Pelanggaran terhadap hal-hal yang haram pada bulan Ramadhan, seperti zina atau minum khamar. Allah dan para malaikat melaknatnya hingga tahun berikutnya. Jika ia meninggal sebelum bulan Ramadhan berikutnya, maka ia tidak mempunyai kebaikan apa pun di sisi Allah yang bisa menyelamatkannya dari neraka. Oleh sebab itu, berhati-hatilah terhadap bulan Ramadhan, karena pahala kebaikan demikian juga ganjaran kejelekan akan dilipat gandakan.” (Imam at-Thabrani, al-Mu’jamus Shagir, juz 2, h. 16).

Sungguh pun luar biasa orang yang berpuasa dan benar-benar menjalankannya dengan menjauhi larangan-larangan Allah. Setiap kebaikan akan dilipatgandakan. Pun setiap keburukan juga akan dilipatgandakan. Maka berhati-hatilah dalam ibadah puasa ini. Wallahu A’lam.

Sumber: akurat

 

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *