Hikmah Pagi : 7 Hal Sepele yang Disukai Setan dan Jin

Ilustrasi - Doa berlindung dari godaan setan (Foto: Dok. iStock)


banner 500x500

 

 

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id – Setan dan jin sangat menyukai jika kita selalu lalai dalam melakukan sesuatu dan menimbulkan dosa. Oleh karena itu, jin dan setan selalu membujuk manusia agar selalu berbuat maksiat agar terjerumus dan jauh dari sang pencitpta.

Dilansir dari kanal YouTube Islam Popular pada 28 April 2021, berikut adalah hal-hal yang disukai setan dan jin:

1. Makan dan minum tanpa basmalah

Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca basmalah ketika hendak makan atau minum. Agar mendapat keberkahan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Jika lupa membacanya, tentu saja setan akan senang, karena akan ikut menikmati makanan tersebut.

Rasulullah SAW bersabda: “Wahai Ghulam, sebutlah nama Allah (bacalah Bismillah). Makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada dihadapanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Menguap tanpa menutup mulut

Menguap adalah anjuran yang dilakukan manusia untuk ditahan, karena jika menguap dan tidak tutup mulut, maka setan akan masuk ke dalam diri kita.

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seseorang menguap dalam salatnya, hendaknya ia berusaha menahan kuapannya sebisa mungkin karena setan bisa masuk.” (HR. Muslim).

3. Makan dan minum dengan tangan kiri

Salah satu hal yang dilarang oleh Islam makan dan minum dengan tangan kiri, Rasululah SAW bersabda:

“Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim).

4. Memulai pakaian dari sisi kiri

Memulai apapun yang baik seharusnya dimulai dari sisi kanan. Hal itu dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya. Hal tersebut berlaku juga dalam mengenakan pakaian. Dan melepas pakaian dimulai dari sisi kiri.

Dari Aisyah RA berkata: “Rasulullah SAW sangat menyukai mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal. Ketika menyisir rambut dan ketika bersuci juga dalam setiap perkara (yang baik-baik).” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Tidak mengibas tempat tidur

Mengibas tempat tidur sebelum tidur adalah hal yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW untuk umatnya. Membersihkan tempat tidur juga dianjurkan untuk membaca basmalah, hal ini bertujuan untuk tidak diganggu oleh setan.

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila salah seorang dari kalian hendak berbaring di tempat tidurnya. Hendaklah ia kibas-kibas tempat tidurnya itu dengan kain. Sebab dia tidak tahu apa yang terjadi pada tempat tidurnya setelah ia tinggalkan sebelumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Masuk kamar mandi tanpa berdoa

Salah satu tempat yang disukai setan adalah kamar mandi, mereka menyukai toilet karena tempatnya kotoran. Toilet juga tempat manusia membuka pakaian, sehingga terlihat auratnya. Oleh karena itu setelah membuang hajar, dianjurkan untuk tidak berlama-lama di kamar mandi. Rasulullah mengajarkan untuk berdoa ketika hendak memasuki kamar mandi.

7. Buang air kotoran sembarangan

Islam jelas melarang seseorang yang membuang air kotoran sembarangan. Hal itu juga ternyata disukai oleh setan. Oleh karena itu kita harus menghindarinya, Rasulullah SAW bersabda:

“Jangan buang air kecil di lubang binatang, di jalan tempat orang lewat, di tempat berteduh, di sumber air, di tempat pemandian, di bawah pohon yang sedang berbuah, atau di air mengalir ke arah orang-orang yang sedang mandi atau mencuci.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

 

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *