Hikmah Malam : 6 Penyebab Rusaknya Hati dan Cara Membersihkannya



banner 500x500

Hajinews.id – Kerusakan hati manusia terjadi karena berbagai faktor. Orang yang menaruh perhatian terhadap bersihnya hati akan memiliki akhlak terpuji.

Dalam satu Hadis riwayat Imam Muslim, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda yang artinya: “Di dalam jasad manusia terdapat segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati.”

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Dilansir sindonews Imam an-Nawawi Al-Bantani dalam kitabnya “Nashaihul ‘Ibad” menerangkan enam penyebab kerusakan hati manusia. Beliau menukil perkataan Imam Hasan Bashri. Kerusakan hati manusia itu disebabkan oleh enam faktor yaitu:

1. Sengaja berbuat dosa dengan harapan dosanya nanti diampuni.

2. Memiliki ilmu, tetapi tidak diamalkannya.

3. Apabila beramal tidak ikhlas.

4. Memakan rezeki Allah, tetapi tidak pernah bersyukur.

5. Tidak ridha dengan pemberian Allah.

6. Sering menguburkan orang mati, namun tidak mau mengambil pelajaran dari kematian tersebut.

Mengenai masalah keikhlasan, Imam Ahmad bin Hambal berdoa sebagai berikut:

ﻳَﺎ ﺩَﻟِﻴْﻞَ ﺍﻟْﺤَﻴَﺎﺭَﻯ ﺩُﻟَّﻨِﻲْ ﻋَﻠَﻰ ﻃَﺮِﻳْﻖِ ﺍﻟﺼَّﺎﺩِﻗِﻴْﻦَ ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻨِﻲْ ﻣِﻦْ ﻋِﺒَﺎﺩِﻙَ ﺍﻟْﻤُﺨْﻠَﺼِﻴْﻦ

“Wahai Dzat yang memberikan petunjuk kepada orang-orang yang bingung, tunjukkanlah aku ke jalan orang-orang yang benar dan jadikanlah aku termasuk hamba-Mu yang ikhlas dalam beramal.”

عَنِ ابن عُمَرَ رَضَيِ اللٌهُ عَنهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلَيِ عَلَيهِ وَسَلٌمَ اِنٌ هذِهِ القُلُوبَ تَصدَأ الحَدِيدُ اِذَا أصَابَهُ المَاءُ، قِيلَ يَارَسُولَ اللٌهِ وَمَا جِلآوُهَا ؟ قَالَ كَثُرَةُ ذِكرِ الَموتِ وَتلآوَةُ القُرانِ. (رواه البيهقي في شعب الإيمان)

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu’anhuma berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana berkaratnya besi bila terkena air.” Beliau ditanya “Wahai Rasulullah, bagaimana cara membersihkannya? Rasulullah bersabda: “Memperbanyak mengingat maut dan membaca Al-Qur’an.” (HR Al-Baihaqi)

 

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *