Yuk Cari Tahu! 7 Makanan Sunah Ramadan yang Mengandung Nutrisi Super untuk Tubuh



banner 500x500

banner 800x800





Hajinews.id- Ada beberapa makanan yang tergolong makanan sunah ramadan. Bahan makanan ini dianjurkan konsumsinya dalam agama Islam karena memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh saat berpuasa.Makanan ini disebut dalam Alquran dan Sunnah karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan saat berpuasa. Beberapa di antaranya adalah buah dan sayur segar, ikan, serta kacang lentil.

Berikut 7 makanan sunah ramadan yang baik dikonsumsi selama bulan puasa, yang dilansir dari detik:

Bacaan Lainnya


banner 400x400

1. Telur
Bukan rahasia lagi kalau telur sangat kaya nutrisi. Mulai dari protein, vitamin A, D, E, B6, B12, kalsoum, zat besi, sampai zinc. Konsumsi telur, apalagi saat sahur, bisa membuat tubuh lebih berenergi seharian. Kamu bisa membuat telur orak-arik dengan roti panggang berbahan bijian untuk kombinasi menu yang sehat.

2. Delima
Sliced pomegranate on cutting board with knife and whole pomegranate behind. Shot with shallow focus on sliced fruit.Foto: Getty Images/pjohnson1
Delima terkenal sebagai buah tinggi antioksidan. Kandungan antioksidannya bahkan 3 kali lebih kuat dibanding teh hijau. Nutrisi lainnya, delima kaya vitamin A, C, E, dan asam folat. Makan delima bagus untuk sistem pencernaan. Kamu bisa mengonsumsi segelas jus delima setelah buka puasa. Atau bisa juga mencampurkan biji delima ke dalam salad.

3. Terung
Siapa sangka kalau terung juga tergolong makanan sunah ramadan. Terung mengandung 92% air sehingga bisa menghidrasi tubuh. Bonus lainnya, terung kaya vitamin B, potassium, asam folat, dan senyawa antioksidan. Anda bisa mengolah terung dengan cara lebih sehat. Iris terung tipis-tipis kemudian panggang dengan sedikit minyak zaitun. Cara lainnya, panggang terung di oven dengan paduan saus tomat dan topping keju. Nikmat!

4. Nasi
Penggemar nasi juga bisa tetap mengonsumsi makanan favoritnya selama ramadan, bahkan termasuk makanan yang dianjurkan. Untuk yang lebih sehat, konsumsilah nasi cokelat.Makan nasi bersama lauk yang sehat pula. Misalkan ayam atau ikan panggang.

5. Mentimun
Makanan sunah ramadan ini juga tinggi air. Mentimun terdiri dari 96% air, bebas kolesterol, dan lemak jenuh. Nutrisi lainnya, kaya kandungan vitamin K, B6, dan zat besi.Makan mentimun sebagai lalapan atau isian salad. Bisa juga dibuat acar dengan campuran cuka, minyak zaitun, dan bawang putih.

6. Ikan
Makan ikan bisa meningkatkan kualitas tidur, karenanya ikan dianjurkan untuk dikonsumsi saat ramadan. Pilihlah salmon yang kaya asam lemak omega 3. Salmon lebih mudah dicerna, bisa meningkatkan kesehatan otak, sekaligus meredakan depresi. Sajikan salmon panggang bersama nasi cokelat atau kentang, dan salad sayuran yang segar.

7. Pisang
Makanan sunah ramadan terakhir adalah pisang. Buah manis lembut ini mudah dicerna dan bahkan mengandung enzim spesifik yang bagus untuk mempercepat proses pencernaan. Untuk buka puasa, anda bisa makan pisang utuh. Lalu untuk sahur, bisa bikin smoothies pisang dan padukan bersama roti panggang dan oat.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *