Membayar Zakat Masuk ke Rukun Islam

Membayar Zakat Masuk ke Rukun Islam
Membayar Zakat Masuk ke Rukun Islam. foto/ilustrasi
banner 500x500

HajinewsZakat fitrah merupakan hal yang tak bisa lepas dari kehadiran Ramadan pada umat Muslim di seluruh dunia. Terlebih zakat temasuk sebagai rukum Islam keempat.

Zakat sangat melekat pada Muslim. Amalan ibadah ini ditunaikan untuk membersihkan diri dan harta dari segala hal yang berbau haram.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Ketika Ramadan, setiap Muslim diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Zakat ini ditunaikan dalam bentuk bahan pangan pokok seperti beras, jagung, atau kurma.

Waktu mengeluarkannya bisa mulai awal hingga akhir Ramadan. Tetapi, waktu wajibnya yaitu setelah terbenamnya matahari di hari terakhir Ramadan sedangkan waktu sunahnya yaitu usai sholat Subuh hingga sebelum salat Id.

Biasanya dalam keluarga, kepala keluargalah yang membayarkan zakat fitrah buat anggota keluarganya. Mulai dari diri sendiri, isteri, anak, atau orang tua yang masih menjadi tanggungannya.

Lalu bagaimana cara mengenalkan zakat fitrah ke buah hati? Yuk simak!

Rukun Islam sebagai pondasi wajib bagi orang-orang beriman dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. Salah satunya adalah berzakat dan wajib dilakukan seluruh umat Islam.

Saling berbagi

Tak ada manusia yang sempurna, ada yang mampu ada juga yang tidak mampu. Maka dari itu, berzakat harus dilakukan umat Islam agar bisa saling melengkapi satu sama lain.

Karena hidup di dunia tidak bisa sendirian, kita masih butuh pertolongan orang lain.

Jumlah zakat fitrah di Ramadan

Kita wajib menyisihkan rezeki setara dengan 2,5 kilogram atau 3,5 liter. Sehingga, takaran zakat fitrah yang wajib dikeluarkan masing-masing kepala yaitu 2,5 kilogram beras untuk ukuran orang Indonesia.

– Ketika Ramadan tiba, umat Islam tentu diwajibkan melaksanakan puasa. Tetapi, rupanya puasa bukan satu-satunya amalan wajib.

Ada satu lagi amalan yang hukumnya wajib bagi setiap Muslim. Amalan tersebut yaitu zakat fitrah.

Zakat fitrah merupakan zakat wajib yang dilakukan setahun sekali tepatnya saat bulan Ramadan. Pembayarannya dilakukan mulai tanggal 1 Ramadan hingga pagi hari sebelum Salat Id pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal.

Kedudukan zakat fitrah sangat penting bagi seorang Muslim. Zakat ini menjadi sarana untuk menyucikan harta yang kita miliki.

Kita patut pahami, dalam harta yang kita punya ada hak orang lain. Sehingga kita harus mengeluarkannya.

Sumber: dream

 

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *