Hikmah Siang : 6 Hal yang Dilarang Ketika Sholat

Ist.


banner 500x500

Hajinews.id – Sholat adalah ibadah yang bisa menjadi sarana paling dekat untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, apalagi sholat fardu lima kali sehari semalam.

Selain merupakan ibadah wajib dan menjadi rukun iman kedua setelah syahadat, sholat wajib lima waktu memiliki kedudukan tinggi sebagai tiang agama.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Sholat sendiri tidak sembarang dilakukan, bukan hanya sekedar menggerakkan badan dan membaca doa-doa sholat karena dalam sholat Allah SWT memerintahkan kita untuk melakukannya secara tuma’ninah dan khusyu’, dimana keadaan tersebut yang akan mampu memudahkan segala ibadah sholat kita diterima oleh Allah SWT.

Jangan sampai kita melaksanakan sholat hanya untuk sekedar memenuhi kewajiban saja, namun laksanakan sholat untuk memenuhi kebutuhan rohani kita.

Berikut 6 hal yang tak boleh kita lakukan ketika sedang melaksanakan sholat, diantaranya:

1.Mengangkat Pandangan ke Langit

Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Hendaklah orang-orang berhenti mengangkat pandangan mereka ke langit ketika berdoa dalam shola atau mata mereka akan tersambar.” (HR. Muslim)

2. Sengaja Menoleh Selain ke Arah Sujud

Dari Aisyah RA berkata:

“Aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang menoleh dalam sholat. Lalu beliau bersabda, “ Ia merupakan sebuah curian yang dilakukan setan terhadap sholat seorang hamba.” (HR. Al-Bukhari)

3. Menguap Saat Shalat

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Menguap dalam sholat adalah dari setan, jika salah seorang dari kalian menguap maka tahanlah sebisa mungkin.” (HR. At-Tirmidzi)

4. Meludah ke Arah Kiblat Atau ke Kanan

Dari Jabir RA dia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya jika salah seorang dari kalian berdiri untuk sholat, maka sesungguhnya Allah SWT berada di hadapannya, maka janganlah ia meludah ke arah depan atau ke kanan, hendaklah ia meludah ke sebeah kiri di bawah kaki kirinya, dan jika terlanjur keluar maka hendaklah ia tumpahkan ke pakaiannya,” beliua kemudian melipat bajunya satu sama lain.” (HR. Muslim)

5. Membentangkan Tangan Seperti Anjing Saat Sujud

Dari Anas RA dari Rasulullah SAW bersabda:

“Bersikaplah pertengahan ketika sujud, dan janganlah salah seorang diantara kalian membentangkan tangannya sebagaimana anjing.” (muttafaq alaihi)

6. Mendahului Imam Saat Sholat Berjamaah

Dari Abu Hurairah RA dari Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah salah seorang diantara kalian takut, Allah menjadikan kepalanya seperti keledai bila dia mengangkat kepalanya sebelum imam, atau menjadikan rupanya seperti rupa keledai.” (muttafaq Alaihi)

Nah, itulah enam hal yang tidak boleh kita lakukan saat sedang melaksanakan shalat. Semoga pembahasan ini bermanfaat serta dapat menambah wawasan keilmuan kita. (dbs)

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *