Hikmah Pagi : Dua Penyakit Umat Muslim Pertanda Kiamat Tiba



banner 500x500

Hajinews.id – Hari kiamat adalah suatu kepastian, namun tidak ada yang tahu pasti kiamat kapan akan terjadi. Jangankan manusia biasa, para malaikat dan para nabi pun tidak mengetahui kapan hari kiamat akan tiba. Tetapi Allah telah memberikan tanda-tanda hari kiamat, tentang fisik bumi dan perilaku serta tingkah manusia.

Dilansir dari Ringtimesbanyuwangi.com dan kanal YouTube Tadabbur Ilmi pada 1 Mei 2021, berikut adalah dua penyakit umat muslim yang bisa jadi pertanda kiamat akan tiba:

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

1. Cinta dunia

Sikap ini dapat dilihat dari sifat ambisi seseorang untuk mengejar dunia tanpa berpikir tentang akhirat. Sikap seperti ini kadang membuat orang lupa untuk mengumpulkan bekal akhiratnya.

Lihatlah sekarang di sekeliling kita saat ini, berapa banyak orang yang telah korupsi, dan yang telah menjual narkoba? Apa sebenarnya yang mereka kejar? Yang mereka kejar hanyalah uang dan kekuasaan.

Mereka seakan-akan dibutakan oleh dunia. Sehingga tidak sedikit pun mereka memikirkan bekal untuk akhirat. Padahal Allah SWT telah mengingatkan untuk tidak melampaui batas dalam mengejar dunia. Karena orang yang seperti itu Allah telah mempersiapakan tempat di neraka. Allah SWT berfirman:

“Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal-Nya.” (QS. An-Nazi’ at: 37-39)

2. Takut mati

Takut mati bisa saja membuat seseorang menjadi giat untuk mengumpulkan amal sholeh untuk bekal. Namun yang dimaksud adalah orang yang takut mati ini karena seseorang dengan lemahnya iman.

Mereka menyadari bahwa kurangnya amal membuat mereka tidak mau untuk bertemu Allah dengan jalan kematian. Gemerlap dunia membuat mereka terlena sehingga melupakan hal yang pasti yaitu kematian.

Rasulullah pernah menjelaskan bahwa manusia yang paling cerdas adalah yang selalu mengingat kematian. Karena kematian sendiri adalah hal yang pasti, maka mereka akan menyiapkan bekal untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya saat di dunia.

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *