Info Haji, Kemenkes: Arab Saudi Tak Pernah Larang Vaksin Merek Tertentu

Jamaah haji dan umrah (dok)


banner 500x500

banner 800x800





 

Hajinews.id – Pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan, pemerintah Arab Saudi tidak pernah menyatakan larangan pada vaksin Covid-19 merek tertentu.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

“Kepada seluruh jemaah haji Indonesia, calon jemaah haji dan umrah, bahwa Arab Saudi itu tidak pernah menyatakan bahwa adanya larangan vaksin dengan merek tertentu,” kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusup Singka dalam Bahtsul Masail Perhajian di Ciawi, Bogor dilansir dari laman resmi Kemenag, Kamis (29/4/2021).

Eka menyampaikan, Pemerintah Saudi lebih menekankan kewajiban calon jemaah haji dan umrah untuk divaksinasi Covid-19 sebelum masuk negaranya. Oleh karena itu, ia mengimbau calon jemaah haji segera mengikuti program vaksinasi Covid-19.

“Kepada jemaah haji dan umrah segera memvaksinkan diri di tempatnya masing-masing. Karena datanya sudah dimasukkan ke dalam P-care, dan nanti dapat melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan yang tersedia,” ujar dia.

Adapun Kemenkes telah menetapkan skema vaksinasi terhadap calon jemaah haji 2021 dibagi dalam dua kelompok yakni masyarakat lanjut usia (lansia) dan masyarakat rentan.

Eka mengatakan, untuk pelaksanaan haji dan umrah di masa pandemi, semua jemaah haji diwajibkan untuk mendapatkan dua vaksinasi, yakni Covid-19 dan meningitis.

“Pemerintah Saudi, dalam hal ini Kementerian Kesehatan meminta agar seluruh jemaah haji dan umrah dilengkapi dengan bukti vaksinasi, yaitu sertifikat vaksinasi, seperti halnya vaksinasi meningitis,” ucap Eka.

Meski demikian, pihak Kementerian Agama sampai saat ini belum juga mendapatkan kepastian dari pemerintah Saudi mengenai penyelenggaraan haji 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag Ramadan Harisman menegaskan, Kemenag terus menyiapkan pelaksanaan ibadah haji.

“Sampai hari ini kami belum memiliki kepastian pemberangkatan jemaah haji. Tapi kita terus berharap agar kita dapat memberangkatkan jemaah haji,” kata Ramadan dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (28/4/2021).

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *