Heboh! Hujan Es di Masjidil Haram, Jemaah Tetap Salat dan Thawaf



banner 500x500

 

Hajinews.id– Fenomena langka terjadi di Makkah, Arab Saudi pada Selasa (27/4/2021) lalu atau pertengahan bulan suci Ramadan 1442 Hijriah. Cuaca ekstrem di tanah suci mengakibatkan banjir dan hujan es. Hujan deras mengguyur lingkungan Masjidil Haram dan sekitarnya selama sekitar tiga jam pada pukul 14.00 hingga 16.00 waktu setempat

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Akun Instagram @haramain_info, mengunggah sebuah video yang menggambarkan suasana hujan es yang melanda area Masjidil Haram, Makkah. “During the Heavy rainfall and hail at Masjid Al Haram earlier!,” tulis akun Instagram @haramain_info.

Dalam video singkat tersebut, terlihat situasi hujan deras yang ditandai dengan jatuhnya butiran-butiran es di kawasan Masjidil Haram. Meski hujan deras, sejumlah jemaah umrah tetap melanjutkan tawafnya sambil membawa payung. Namun, sebagian memilih berteduh di dekat area masjid.

Saat salat Ashar berjemaah dilaksanakan, hujan lebat juga masih turun. Beberapa jemaah umrah tetap mengikuti salat di bawah guyuran hujan di depan Kakbah.

Sejumlah kendaraan yang terparkir juga terlihat terendam oleh genangan air yang melanda kota Makkah. Air yang mengalir cukup deras juga disertai hujan tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan bermotor. Ketinggian air diperkirakan mencapai 50 cm.

Namun kondisi hari Rabu (28/4/2021), banjir telah reda dan cuaca cerah. Meski begitu, sebagian warga Arab Saudi bersuka cita saat hujan melanda beberapa bagian Kerajaan.

Media sosial dipenuhi unggahan video-video hujan yang turun. Anak-anak muda Saudi memanfaatkan kesempatan itu untuk menunjukkan Negara mereka dalam sudut pandang yang berbeda.

“Saya ingin dunia melihat betapa indahnya Arab Saudi, bahkan selama musim panas,” tutur Areej Hasan, dari Abha di barat daya negara itu.

“Jalan-jalan Abha yang indah dihiasi dengan bunga ungu dari pohon jacaranda dan merupakan pemandangan langka untuk melihatnya basah kuyup dalam hujan. Saya dan keluarga memutuskan memakai masker kami dan berjalan-jalan menikmati cuaca yang indah,” ujar dia.

Pada Jumat pekan lalu, pihak berwenang memperingatkan orang-orang tentang hujan lebat dan badai petir di Makkah, Madinah, Al Baha, Jazan, Najran dengan kemungkinan banjir di Provinsi Timur, Riyadh dan Qassim serta hujan ringan di Jawf, Tabuk, dan Perbatasan Utara.Pertahanan Sipil Saudi memperingatkan orang-orang untuk menjauh dari tempat-tempat yang berisiko banjir.

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *