Soal Demokrasi Indonesia, Rocky Gerung : Saya Beri Pujian Wapres Sudah Berani Kritik Presiden Jokowi!

Rocky Gerung foto: PR


banner 500x500

Hajinews.id – Rocky Gerung sebagai pengamat politik terkenal menanggapi pernyataan dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin melalui Youtube Rocky Gerung Official berjudul “MULAI BERANI. WAPRES MA’RUF AMIN KRITIK JOKOWI”.

Ma’ruf Amin pada Senin (26/4/2021) kemarin mengatakan bahwa indeks demokrasi Indonesia berada di bawah negara tetangga salah satunya Timor Leste.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

“Posisi Indonesia di lingkungan Asia Tenggara berada di peringkat empat, di bawah Malaysia, Timor Leste, dan Filipina,” ungkap Ma’ruf dalam acara HUT Otonomi Daerah tahun 2021 dalam kanal YouTube Kemendagri, Senin 26 April 2021.

Pernyataan Ma’ruf pun mendadak heboh karena selama ini Ma’ruf dikenal tak pernah ikut bersuara meskipun ada peristiwa besar.

Pernyataan Ma’ruf dinilai Rocky sebgai tanda bahwa Ma’ruf tidak bertanggung jawab mengenai penurunan indeks ini.

“Impresi saya pertama, Pak Ma’ruf Amin akhirnya mengambil data ini untuk dia ucapkan pertama kali setelah dia diem dan itu pertanda sebetulnya bahwa dia mau kasih tau bahwa dia tidak bertanggung jawab lho terhadap penurunan indeks itu, karena selama ini dia gak dikasih peran,” ujar Rocky.

Menurut Rocky ini merupakan protes diam-diam dari Ma’ruf dan Ma’ruf terganggu dengan indeks ini sehingga dimensi intelektualnya muncul.

“Jadi kira-kira itu protes diam-diam dari Pak Ma’ruf Amin, kan sebagai orang yang terpelajar Pak Ma’ruf Amin kan mengerti demokrasi, ilmu-ilmu sosial nya bagus banget, jadi dia mungkin terganggu, kenapa itu gak dibicarakan, sehingga dimensi intelektualnya yang muncul (tapi) dimensi politis nya dia diem karena Pak Jokowi gak pernah ajak (dia),” ungkap Rocky.

Rocky memaparkan bahwa warga Indonesia harus memberikan tepuk tangannya untuk Ma’ruf karena secara diam-diam ia telah mengevaluasi keadaan sosial politik Indonesia.

“Kita musti kasih applause bahwa Pak Ma’ruf Amin diam-diam mengevaluasi keadaan sosial politik kita tuh, jadi sebetulnya gak diperlukan KSP, minta aja Pak Ma’ruf Amin sekaligus bertindak sebagai KSP yang mengevaluasi politik, masyarakat sipil, pembicaraan publik bahkan memonitor indeks demokrasi dan HAM yang dibuat di luar negeri,” ungkapnya.

Menurut Rocky pernyataan Ma’ruf adalah sebuah kritik terhadap pemerintahan Indonesia.

“Jadi sekali lagi, ini kejutan, karena sebagai Wakil Presiden akhirnya dia menemukan sendiri fungsinya yang selama ini dianggap ban serep sekarang dia betul-betul kemudi loh, karena ini soal demokrasi hanya orang yang paham tentang filosofi dari kebebasan sipil yang mampu untuk memberi otokritik, ini otokritik terhadap pemerintah,” tandasnya.

Rocky secara pribadi memberikan pujian kepada Ma’ruf karena telah mampu membaca arah bangsa ini telah melenceng.

“Saya kasih applause (dan) pujian pada Pak Ma’ruf Amin bahwa beliau masih tetap mampu membaca arah bangsa ini yang dia temukan arah bangsa ini sudah melenceng, karena itu dia kutip indeks-indeks dari evaluasi pakar,” terangnya.

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *